Minat Masyarakat untuk Berinfak melalui Platform Online

Asep Sunardi, Maman Surahman, Ifa Hanifia Senjiati

Abstract


Abstract. Today the donation of infaq funds is not only done through charity boxes or ball pick-ups conducted by social institutions, but the collection of infaq funds is done through online platform innovations. So that we can be active anytime and anywhere. This study aims to examine how the community's interest in investing through online platforms

The research method used in this study is a quantitative research method with a sample of 100 respondents taken with the Slovin formula. By processing data using the SPSS program. Data collection techniques in this study used a documentation questionnaire and literature study.

The results showed that public interest in investing through online platforms was at a high level or there was an interest category, this was indicated by the results of the continuum line data at 78.94%.

Keywords: Infaq, Literacy, Interests, Online Platforms

Abstrak. Zaman sekarang penghimpunan dana infak tidak hanya dilakukan melalui kotak amal ataupun penjemputan bola yang dilakukan oleh Lembaga Lembaga sosial saja akan tetapi penghimpunan dana infak dilakukan melalui inovasi platform online. Sehingga kita bisa berinfak kapan pun dan dimana pun. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Bagaimana minat masyarakat dalam berinfak melalui platform online

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 orang responden yang diambil dengan rumus slovin dengan pengolahan data menggunakan program SPSS. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dokumentasi dan studi Pustaka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk berinfak melalui platform online berada pade tingkatan tinggi atau ada pada kategori minat hal ini ditunjukka dari hasil olah data garis kontinum yang ada pada nilai 78,94%.

Kata kunci: Infak, Literasi,Minat,Platform Online


Keywords


Infak, Literasi,Minat,Platform Online

Full Text:

PDF

References


Amalia, A. N. (2018). Minat masyarakat Jakarta dalam Berwakaf Uang pda Lembaga waqaf. Syi'ar Iqtishad : Jurnal ekonomi Islam Keuangan dan Perbankan, 2, 3.

Baskoroputra, G. F. (2019). Analisa Tingkat Literasi Wakaf Uang Dan Pengaruhnya Pada Persepsi Wakaf Uang(Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Brawijaya). jurnal ilmiah universitas brawijaya.

Departemen Agama RI. (1971). Al-Qur'an Al Karim dan Terjemahnya juz 1-30.Semarang: PT Toha Karta.

Fitri, F. (2016). Pengaruh pengetahuan nasabah tekhnologi informasi kepercayaan dan mutu e-banking terhadap minat bertransaksi online (studi kasus nasabah BNI syariah medan). Universitas Islam negeri sumatra utara.

Hassan, A. (2011). Tarjamah Bulughul maram Ibnu Hajar Al -'asqalani.Bandung: CV Diponegoro.

Husniyah, P. Z. (2019). Literasi Wakaf pada masyarakat untuk memunculkan minat berwakaf (studi pada badan wakaf Indonesi Jawa Timur). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Iriantara, Y. (2009). Literasi Media.Bandung: Simbiosa rekatama media.

Khaeriyah, N. (2019). Pengaruh Literasi terhadap minat masyarakat muslim berwaqaf uang di kota semarang.semarang: Universitas islam negeri walisongo.

Rendi, A. (2017). Pengaruh Kualitas layanan dan citra lembaga terhadap minat masyarakat berinfaq di Laznas DPU DT Cabang Palembang. UIN Raden Fatah Palembang, 35.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v6i2.24397

Flag Counter   Â