Analisis Proyeksi Perkembangan Kinerja Keuangan terhadap Market Share Bank Syariah di Indonesia Menggunakan Metode Analisis Trend

Imelda islamiyati, Eva Misfah Bayuni, Intan Manggala W

Abstract


Abstract.The development of sharia banking in Indonesia must be followed by market share improvement. This research aims to project how the development of financial performance registered in state-owned enterprises namely Mandiri Syariah, BNI Syariah, BRI Syariah, and BTN Unit Syariah which are affected by the development of market share in Indonesia. The problem of this research is how the development of financial performance, how the market share developments, and how the development of financial performance of Sharia bank market share using trend method.

            The method used is a qualitative method with quantitative data, using the formula of manual assisted calculation use Microsoft Excel. Bank indicators are assets, DPK, financing and financial performance profitability of ROA, ROE. The results of this study showed the development of Sharia Bank's financial performance in Indonesia in a positive direction with trend ROA 33%, market share developments with the development of trend of 7%, projection of the development of financial performance of Sharia banks registered in state-owned enterprises against the market share predicted to fluctuate and tend to increase in 2020-2025 with an average trend of 15% and ROA, ROE, assets, financing and DPK interconnected in the sustainability of the market share. 

Keywords: Sharia Bank, developments, Trend

 

Abstrak. Perkembangan perbankan syariah di Indonesia harus diikuti dengan peningkatan market share. Penelitian ini bermaksud untuk memproyeksikan bagaimana perkembangan kinerja keuangan yang terdaftar di BUMN yaitu Mandiri Syariah, BNI Syariah,BRI Syariah,dan BTN Unit Syariah yang imbasnya terhadap perkembangan market share di Indonesia. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana perkembangan kinerja keuangan,bagaimana perkembangan market share, dan bagaimana perkembangan kinerja keuangan terhadap market share bank syariah menggunakan metode trend.

Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan data kuantitatif,  menggunakanr rumus manual dibantu perhitungan menggunakan microsoft excel. Indikator dari bank yaitu aset, DPK, pembiayaan dan kinerja keuangan profitabilitas ROA,ROE, Hasil dari penelitian ini menunjukan perkembangan kinerja keuangan

bank  syariah di Indonesia kearah positif dengan trend ROA 33%, Perkembangan market share dengan perkembangan trend 7%, Proyeksi perkembangan kinerja keuangan bank syariah yang terdaftar di BUMN terhadap market share diprediksi akan mengalami fluktuasi dan cenderung meningkat ditahun 2020-2025  dengan rata-rata trend 15% dan ROA,ROE,aset,pembiayaan dan DPK saling berhubungan dalam keberlangsungan market share.

Kata kunci : Bank Syariah, Perkembangan, Trend


Keywords


Sharia Bank, developments, Trend

Full Text:

PDF

References


Irham Fahmi, Analisis Kinerja Keuangan, Bandung: Alfabet, 2012.

Otoritas Jasa Keuangan, “Tentang Syariah Perbankan Syariah dan Kelembagaanya,

Syamsu Iskandar, Akuntansi Perbankan dalam Rupiah dan Valuta Asing, Jakarta: IN Media.

Nofinawati Nofinawati, “Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia,†JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah) 14, no. 2 (2016)

Setiawan, “Analisis Pengaruh Faktor Makroekonomi , Pangsa Pasar dan Karakeristik Bank terhadap Profitabilitas Bank Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Periode 2005-2008),†Tesis Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Diponogoro Semarang,.

Indriani Latti, “Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan Total Asset Bank Syariah di Indonesia,†Skripsi Universitas Pertanian Bogor.

F S Siburian, T Parengkuan, dan J Maramis, “Analisis Kinerja Keuangan Berbasis Market Share Pada Industri Telekomunikasi Di Indonesia (Studi Kasus Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar Di BEI 2011-2015),â€

Lukas Setia Atmaja, Teori dan Praktek Manajemen Keuangan (Yogyakarta: Andi, 2008)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v6i2.23593

Flag Counter   Â