Pengaruh Pengetahuan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Risiko terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Fintech Lending Syariah

Aldilla Nur Fadzar, Asep Ramdan Hidayat, Intan Manggala Wijayanti

Abstract


Abstract—This study aims to determine: 1) Effect of Knowledge, 2) Effect of Perception of Ease of Use, 3) Effect of Trust, 4) Effect of Risk on interest in transactions using Islamic fending lending. This research uses Theory Technology Acceptance Model (TAM) and Theory of Planned Behavior (TPB). This research method uses non-probability sampling method with purposive sampling technique. The number of samples used in this study were 100 respondents with millennial generation criteria who are interested in making transactions using Islamic fending lintech. The data analysis tool used is multiple linear regression analysis. The results showed that the knowledge variable has a significance value of 0.527 greater than 0.05 (0.527> 0.05), then the perceived ease of use variable has a significance value of 0.007 smaller than 0.05 (0.007 <0.05) so that the perception variable ease of use has a positive effect on interest in using sharia lending fintech, then the trust variable has a significance value of 0,000 less than 0.05 (0,000 <0.05) then the trust variable has a positive effect on interest in using sharia fintech lending, then the risk variable has a value significance of 0.491 is greater than 0.05 (0.491> 0.05). And interest in making transactions using Islamic fending lending is 71.25%.

Keywords—Knowledge, Perceived ease of use, Trust, Risk, and Interest in Transactions Using Sharia Fintech

Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Pengetahuan, 2) Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, 3) Pengaruh Kepercayaan, 4) Pengaruh Risiko terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech lending syariah. Penelitian ini menggunakan Theory Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Metode penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan kriteria generasi millennial yang berminat bertransaksi menggunakan fintech lending syariah. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil peneilitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan memiliki nilai signifikansi 0,527 lebih besar dari 0,05 (0,527 > 0,05), lalu variabel persepsi kemudahan penggunaan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,007 lebih kecil dari 0,05 (0,007 < 0,05) sehingga variabel persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech lending syariah, lalu variabel kepercayaan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0.05) maka variabel kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech lending syarih, selanjutnya variabel risiko memiliki nilai nilai signifikansi sebesar 0,491 lebih besar dari 0,05 (0,491 > 0.05). Dan minat bertransaksi menggunakan fintech lending syariah sebesar 71,25%.  

Kata Kunci—Pengetahuan, Persepsi kemudahan penggunaan, Kepercayaan, Risiko, dan Minat Bertransaksi Menggunakan Fintech Lending syariah

Keywords


Pengetahuan, Persepsi kemudahan penggunaan, Kepercayaan, Risiko, dan Minat Bertransaksi Menggunakan Fintech Lending syariah

Full Text:

PDF

References


Muhammad, W. (2019). “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finacial Technology (Fintech)â€. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo

Ghina, Q.E. (2019). “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Niat Berperilaku Dalam Mengadopsi Financial Technology (Fintech)â€, Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung

Asosiasi penyelenggara jasa Internet Indonesia, “survey: penetrasi dan perilaku pengguna Internetâ€, 2018

Ferrinadewi, (2014). “Analisa Pengaruh Brand Image, Brand Trust, and Economic Benefit terhadap Niat Pembelian Polis Asuransi PT Seqislife Surabayaâ€, Vol. 2

Icck A (1991), â€The Theory of Planned Behaviorâ€. Organiztion Behavior and Human

Dicision Processes Journal, Vol. 50. No.2: 179-211

Imanuel, A.W. (2017). “Analisis Swot Implementasi Teknolgi Finansial Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Di Indonesiaâ€, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 20, No. 1

Mustofa, A.K. (2017). “Pengaruh Sistem Pembayaran Go-pay Menggunakan TAM (Technology Acceptence Model) Terhadap Intensitas Penggunaan Layanan Gojekâ€,Skripsi Fakultas Ekonomis Universitas Islam Indonesia.

Sumadi, S. (2002). “Psikologi Pendidikanâ€. Jakarta : PT. Grafindo Perkasa rajawali

Widjana, M.A. (2010). “Determinan Faktor Penerimaan Terhadap Internet Banking Pada Nasabah Bank di Surabayaâ€, Tesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas

Vincent, W.M. (1999). “Comsumer Perceived Risk: Conceptualisations and Modelâ€. European journal of marketing. Vol/ 33 ISS 1â„2 pp.163-195




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v6i2.23089

Flag Counter   Â