Analisis Pengukuran Kinerja Sales-Funding Officer dalam Kegiatan Pemasaran Produk Tabungan Haji Mabrur BSM di Bank Syariah Mandiri (BSM) KC Ahmad Yani Kota Bandung melalui Metode Balance Scorecard

Divi Ghearizky Kartia, Ifa Hanifia Senjiati, Yayat Rahmat H

Abstract


Abstarct. The performance of sales funding in marketing the BSM Hajj Mabrur Savings product is important to be done as an evaluation material for BSM management in increasing DPK acquisition. Due to the increasing number of DPK from BSM Haji Mabrur Savings products, the opportunity to obtain profits from financing products distributed will also increase. In this case, the measurement of sales funding performance at BSM KC Ahmad Yani is done through the balance scorecard method. Based on these problems, the research is formulated into the following questions: How is the implementation of sales funding performance in marketing BSM Hajj Mabrur Savings products at Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani? And how is the performance of Bank Syariah Mandiri KC Ahmad Yani's sales funding measured by the Balanced Scorecard approach? The research method used is descriptive analytical by examining the performance of Bank Syariah Mandiri KC Ahmad Yani sales funding measured by the Balanced Scorecard approach. The results of this study are the implementation of sales funding performance in marketing the BSM Hajj Mabrur Savings product at Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani in accordance with the applicable SOP of BSM services. The performance of Bank Syariah Mandiri KC Ahmad Yani's sales funding measured by the Balanced Scorecard approach shows the level of performance of the sales funding team from the perspective of customers and other employees at BSM KC Ahmad Yani each have an average score of 76.2% and 81.2% which represent from the customer's perspective with a good category and other employee perspectives are very good.

Keywords: Performance, Sales, Savings and Islamic Banks.

 

 

Abstraks. Kinerja para sales funding dalam memasarkan produk Tabungan Haji Mabrur BSM penting untuk dilakukan sebagai bahan evaluasi bagi manajemen BSM dalam meningkatkan perolehan DPK. Karena dengan meningkatnya jumlah DPK dari produk Tabungan Haji Mabrur BSM, maka peluang untuk memperoleh laba dari produk pembiayaan yang disalurkan pun akan ikut meningkat. Dalam hal ini, pengukuran kinerja sales funding di BSM KC Ahmad Yani dilakukan melalui metode balance scorecard. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian dirumuska ke dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut : Bagaimana pelaksanaan kinerja sales funding dalam memasarkan produk Tabungan Haji Mabrur BSM di Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani ? Dan bagaimana kinerja sales funding Bank Syariah Mandiri KC Ahmad Yani diukur dengan pendekatan Balanced Scorecard ? Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan meneliti kinerja sales funding Bank Syariah Mandiri KC Ahmad Yani diukur dengan pendekatan Balanced Scorecard. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan kinerja sales funding dalam memasarkan produk Tabungan Haji Mabrur BSM di Bank Syariah Mandiri KCP Ahmad Yani telah sesuai dengan SOP pelayanan yang berlaku BSM. Kinerja sales funding Bank Syariah Mandiri KC Ahmad Yani diukur dengan pendekatan Balanced Scorecard menunjukkan tingkat kinerja tim sales funding dari perspektif nasabah dan karyawan lain di BSM KC Ahmad Yani masing-masing memiliki rata-rata skor sebesar 76.2% dan 81.2% yang merepresentasikan dari perspektif nasabah dengan kategori baik dan peerspektif karyawan lain sangat baik.

Kata Kunci: Kinerja, Sales, Tabungan dan Bank Syariah.


Keywords


Kinerja, Sales, Tabungan dan Bank Syariah.

Full Text:

PDF

References


Agus Dharma. Manajemen Personalia. Penerbit Erlangga, Jakarta, 2005.

Agus Dwiyanto, Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 2008.

Hanawijaya, Keunggulan Komparatif Bank Syariah, Suara Merdeka, Semarang, 2008.

Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2011.

Malayu Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta, 2001.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2000.

Moekijat. Manajemen Kepegawaian. Mandar Maju, Bandung, 1989.

Mondy, R.W., Noe, R.M., Premeaux, S.R., Human Resource Management (alih Bahasa oleh Iwan Setiawan), Salemba Empat, Jakarta, 2005.

Nitisemito, Alex S. Manajemen Personalia. Edisis Revisi. Dialihbahsakan oleh Ghalia Indonesia. Balai Aksara dan Yudhistira, Jakarta:, 1982.

Nur Indriantoro, Akuntansi, PT Grafindo, Jakarta, 2000.

Rachmany Hasan, Kepemimpinan dan Kinerja, Cetakan Pertama, Yapensi, Jakarta, 2006.

Robert Bacal. Performance Management (alih bahasa : Gunawan), Gramedia Pustaka Utama. Jakarta, 2001.

Samsudin, H. Sadili. Manajemen Sumber Daya Manusia. CV. Pustaka Setia, Bandung, 2009.

Siswanto, bedjo. 1988. Manajemen Tenaga Kerja. Sinar Baru, Bandung, 1988.

Sondang P. Siagian, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan ketiga belas, Bumi Aksara, Jakarta, 2006.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung, 2008.

Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta, P.T. RajaGrafindo Persada, 1994.

Syahrul Fauzi Siregar, Penilaian Prestasi Kerja, Jurnal Ekonomi No. 26/II/2009 USU, Medan, 2009.

Veitzal Rivai, Manajemen Bank Syariah, Rajawali Press, Jakarta, 2004.

Zainul Arifin, Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah, Cetakan 3, Alvabet, Jakarta. 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.19435

Flag Counter   Â