Analisis Prinsip Muamalah terhadap Model Transaksi Jual Beli Online pada Aplikasi Bukalapak (Program Serbu Seru)

Sofia Rachmayanti, Ifa Hanifia Senjiati, Titin Suprihatin

Abstract


Abstract. The phenomenon of buying and selling online through programs that place lower prices makes interest in buying these items, cheap prices outside the normal price make people interested in participating in the program from BukalapakSerbuSeru. There is an imbalance between what is issued with what is received, people just need to pay 1 Rupiah, they have the opportunity to get cars, motorcycles, cellphones and other types of goods, even there are invaders who have won the goods they choose but do not receive the goods. Then it is necessary to conduct research to discuss the muamalah principle analysis of this transaction. This study aims to determine the muamalah principle of online buying and selling transaction models in electronic media, online buying and selling transaction models in the Bukalapak Seru Exciting application, and analysis of the muamalah principle of the transaction models in the BukuapakSerbu Exciting application. This research is qualitative, with a descriptive analytical approach. This type of research is a field (field research) with data collection methods: observation, interviews and literature studies. The results of this study are: First, the muamalah principle of the online sale and purchase transaction model in electronic media has fulfilled the nine muamalah principles. Second, the Transactions on the BukalapakSerbuSeru application have an unbalanced price, the delivery of goods that are not in accordance with the provisions, and there are other costs whose value is greater than the price being promoted. Third, the muamalah principle analysis of the online trading transaction model in the BukuapakSerbuSeru application that has fulfilled the muamalah principle, namely: mubah, halal, maslahah, benefits, willingness, and written principles. But what does not meet the muamalah principle is: the principle of balance, trust and justice.

Key words : Muamalah Principle, Buying and SellingOnline, Bukalapak

 

Abstrak. Fenomena transaksi jual beli online melalui program yang menaruh harga lebih rendah membuat ketertarikan untuk membeli barang tersebut, harga murah diluar harga normal membuat masyarakat tertarik untuk mengikuti program dari Bukalapak Serbu Seru. Adanya ketidakseimbangan antara apa yang dikeluarkan dengan apa yang diterima, masyarakat cukup membayar 1 Rupiah sudah berkesempatan mendapatkan mobil, motor, handphone dan jenis barang lainnya, bahkan terdapat penyerbu yang sudah memenangkan barang yang dipilihnya namun tidak menerima barang tersebut. Maka perlu dilakukan penelitian untuk membahas analisis prinsip muamalah terhadap transaksi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prinsip muamalah terhadap model transaksi jual beli online pada media elektronik, model transaksi jual beli online pada aplikasi Bukalapak Serbu Seru, dan analisis prinsip muamalah terhadap model transaksi pada aplikasi Bukalapak Serbu Seru. Penelitian ini bersifat  kualitatif, dengan pendekatan deskriptif analitis. Jenis penelitian adalah lapangan (field research) dengan metode pengumpulan data: observasi, wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian ini bahwa: Pertama, prinsip muamalah terhadap model transaksi jual beli online pada media elektronik sudah memenuhi sembilan prinsip muamalah. Kedua, Transaksi pada aplikasi Bukalapak Serbu Seru terdapat harga yang tidak seimbang, penyerahan barang yang ditidak sesuai ketentuan, dan terdapat biaya-biaya lain yang nilainya lebih besar dari harga yang dipromosikan. Ketiga  analisis prinsip muamalah terhadap model transaksi jual beli online pada aplikasi Bukalapak Serbu Seru yang sudah memenuhiprinsip muamalah yaitu: prinsip mubah,halal, maslahah, manfaat, kerelaan, dan tertulis. Namun yang tidak memenuhi prinsip muamalah yaitu: prinsip keseimbangan, amanah dan keadilan.

Kata Kunci: Prinsip Muamalah, Jual Beli Online, Bukalapak


Keywords


Prinsip Muamalah, Jual Beli Online, Bukalapak

Full Text:

PDF

References


Bukalapak www.bukalapak.com

Hidayat, & Enang. (2015). Fikih Jual Beli. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Adam, P. (2017). Fikih Muamalah Maliyah : Konsep Regulasi dan Implementasi. Bandung: Rafika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.19405

Flag Counter   Â