Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Sistem Advertising Paid To Click

Maisa Aghnia Tsani Permana, Sandy Rizki Febriadi, Muhammad Yunus

Abstract


Abstract. This era is a phase of technology’s development, Ones of them is internet. Internet is the effective media for business. Many of it appears and one called PTC (paid to click). It is really become a promising business. PTC is easy to use, we only have to click the advertisement from the site then we will earn dollars to our bank account. On this paper, the writer want to know the mechanism of neobux business who applied the PTC, and to analyze the view of Islamic ethics to that system.

The method used in this study is a qualitative method with a normative juridical approach and library research. The research data collected by observation and documentation.

The results of this research show that: the first, axioms of business ethics in Islam are unity, balance, responsibility, free will and truth. The second, neobux is not paid the member like it used to be. The third, system of neoubux’s PTC is not accordance with Islamic business ethics

Keywords: Islamic Business Ethics, Paid To Click, Advertising

Abstrak. Internet sebagai media yang efektif dalam dunia bisnis. Salah satunya yaitu  PTC (paid to click).  PTC menjadi bisnis yang menjanjikan. cara kerjanya pun sangat mudah, kita hanya harus mengklik iklan yang sudah disediakan oleh situs tersebut maka seseorang akan memperoleh bayaran dalam kurs dollar yang masuk ke rekening online mereka.  Dalam penelitian skripsi ini penulis ingin mengetahui bagaimana mekanisme yang diterapkan oleh situs neobux sebagai penyedia program PTC serta bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap praktek program PTC dalam situs tersebut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif dan jenis penelitian kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian skripsi ini menunjukan bahwa: pertama aksioma-aksioma etika bisnis dalam Islam adalah kesatuan, keseimbangan, tanggungjawab, kehendak bebas dan kebenaran. Kedua, neobux tidak membayar member dengan jumlah dollar yang telah dijanjikan. Ketiga, praktik system advertising paid to click yang dilakukan oleh neobux belum sesuai dengan aksioma-aksioma etika bisnis Islam

Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Paid to click, advertising


Keywords


Etika Bisnis Islam, Paid to click, advertising

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz, Abdul. (2013). Etika Bisnis Perspektif Islam, Bandung: Alfabeta.

Djakfar, Muhammad. (2007). Etika Bisnis Dalam Prespektif Islam, Malang: UIN Maliki Press.

Ira Puspitasari, Ira. (2019). Analisis Praktek Etika Bisnis Syariah (Studi Kasus Pasar Leuwiliang). Amwaluna: Vol.3 (1) ,44.

Muhammad dan Lukman Fauroni. (2002). Visi Al-Qur’an Tentang Etika dan Bisnis, edisi.1, Jakarta: Salemba Diniyah.

Suthanta,Edi. (2005). Pengantar Teknologi Informasi, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syahatah, Husein. (1997). Business Ethics in Islam, Al Falah Foundation




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.18421

Flag Counter   Â