Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Praktik Layanan Jasa Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Kota Bandung (Studi Kasus di Skripsi_Tomodachi)

Elsa Nurul Alpiah, Sandy Rizki Febriadi, Muhammad Yunus

Abstract


Abstract. In the academic world, scientific papers are works that must be written by students as part of the final requirements of their academic education. However, reality shows that there are discrepancies with the rules of syara whose implications violate the obligations of students, one form of which is the existence of businesses that provide scientific writing services. The compiler feels interested in conducting research related to the existence of these practices. Thus in this study the author discusses specifically about muamalah principles regarding the services of compiling scientific papers in the fiqh muamalah review. The method used in this study is a qualitative method with a qualitative descriptive approach and type of field research. Data collection is done by interview and observation. The results showed that: the preparation of scientific writing services in fiqh muamalah is not suitable syara if seen from the ijarah contract which is practiced because Ma'qud Alaih in this contract is something that contains elements of fraud. Thesis_Tomodachi Services has helped customers in committing violations, fraud, lies and sins.

Keywords: Services, Compilation, Scientific Writing

 

 

Abstrak. Dalam dunia akademik, karya tulis ilmiah adalah karya yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya, akan tetapi, realita menunjukkan bahwa terdapat ketidaksesuaian dengan aturan syara yang implikasinya melanggar kewajiban bagi para mahasiswa, salah satu bentuknya ialah adanya bisnis yang menyediakan jasa penyusunan karya tulis ilmiah. Penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian terkait adanya praktik tersebut. Dengan demikian dalam Penelitian ini penulis membahas secara spesifik tentang prinsip muamalah mengenai jasa penyusunan karya tulis ilmiah dalam tinjauan fikih muamalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian lapangan.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa : layanan jasa penyusunan karya tulis ilmiah dalam fikih muamalah tidak sesuai syara jika dilihat dari akad ijarah yang dipraktikkan karena Ma’qud Alaih pada akad ini adalah sesuatu yang mengandung unsur penipuan. Jasa Skripsi_Tomodachi telah membantu pelanggan dalam berbuat pelanggaran, penipuan, kebohongan dan dosa.

Kata kunci :Jasa, Penyusunan, Karya Tulis Ilmiah


Keywords


Jasa, Penyusunan, Karya Tulis Ilmiah

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Hendi Suhendi. (2002).Fikih Muamalah, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002, hlm. 114.

Ibnu Majah. Kitab Sunan Ibnu Majah, Juz 2, No. 2443, Maktabah Asy-Syamilah.

Kementrian Agama RI. (2010). Syaamil QuranMiracle the Reference, Bandung : Sygma Publishing.

Nasrun Haroen. (2007). Fikih Muamalah, cet. 2 Jakarta: Gaya Media Pratama.

Hendi Suhendi. (2002). Fikih Muamalah, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rahmad Syafei. (2001). Fiqih Muamalah, Bandung: Pustaka Setia.

StantonWiliam. At All.(2000). Fundamental of Marketing. Sidney: Mcgraw-Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.16709

Flag Counter   Â