Analisis Jual Beli dengan Diskon Menurut Fikih Muamalah pada Distro Bloods Cabang Kota Sukabumi

Selly Intan Fajarwati, Maman Surahman, Yandi Maryandi

Abstract


Abstarct. Giving discounts or discounts is one of the efforts made by the Sukabumi City Bloods Distro in increasing the volume of sales of its products. But in practice, the implementation of discounts through member cards, in the Bloods’s Branch Sukabumi indicated information obscurity for consumers. Where Bloods management promises to have product purchase points for member card holders that can be exchanged as shopping vouchers, the Bloods Store’s Branch of Sukabumi does not provide information on how many points the member card holder has obtained. Based on this background, the purpose of this study was to find out the fiqh analysis of muamalah on the implementation of the discounted price of goods through the member card program in the Bloods Store’s Branch of Sukabumi. The research method used is descriptive analysis by describing the implementation of discounts through member cards in the Bloods Distro Sukabumi city branch reviewed based on the provisions of fiqh muamalah. The results of this study indicate that the existence of points that are not notified makes the sale and purchase contract agreement in the Bloods become a facade because it is harmonious and the conditions are valid but there are elements of transparency in the awarding of points. The implementation of discounting the price of goods through the member card program in the Bloods Store’s Branch of Sukabumi in general does not conflict with the provisions of fiqh muamalah.

Keywords: Discounts, Buy and Sell, and Muamalah Jurisprudence.

 

Abstrak. Pemberian diskon atau potongan harga merupakan salah satu upaya yang dilakukan Bloods Distro Cabang Kota Sukabumi dalam meningkatkan volume penjualan produknya. Namun pada prakteknya, pelakasanaan diskon melalui member card, di Bloods Cabang Sukabumi terindikasi adanya ketidakjelasan informasi bagi konsumen. Dimana pihak manajemen Bloods menjanjikan adanya point pembelian produk untuk para pemegang member card yang dapat ditukarkan sebagai voucher belanja, namun pihak Store Bloods Cabang Sukabumi tidak memberikan informasi berapa point yang sudah didapatkan konsumen pemegang member card. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis fikih muamalah terhadap pelaksanaan pemberian potongan harga barang melalui program member card di Bloods Distro Cabang Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analistis dengan menguraikan pelaksanaan diskon melalui member card di Bloods Distro Cabang kota Sukabumi ditinjau berdasarkan ketentuan fikih muamalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya point yang tidak diberitahukan itu menjadikan akad jual beli diskon di Bloods menjadi fasid karena rukun dan syaratnya sah akan tetapi ada unsur ketidak transparanan dalam pemberian point. Pelaksanaannya pemberian potongan harga barang melalui program member card di Bloods Distro Cabang Kota Sukabumi secara umum tidak bertentangan dengan ketentuan fikih muamalah.

Kata Kunci: Diskon, Jual Beli, dan Fikih Muamalah.


Keywords


Diskon, Jual Beli, dan Fikih Muamalah.

Full Text:

PDF

References


Abdullah Al-Muslih, Fikih Ekonomi Keuangan Islam, Jakarta, Darul Haq, 2004.

Abdul Aziz Muhammad Azzam, Fiqh Muamalat Sistem Transaksi dalam Fiqih Islam, Jakarta: Amzah, 2010.

Abu Tsaurah At Tirmidzi, Sunan At Tirmidzi Juz V Kitab Buyu’Hadits Nomor 1231 (Terjemahan oleh Ahmad Nashiruddin), Jakarta, Pustaka Azzam, 2009..

Arif Isnaini, Model dan Strategi Pemasaran, Makassar: Ntp Press, 2005.

Hendi Suhendi, kaidah-Kaidah Fikih Muamalah, Jakarta : PT Rajawali Press, 2007.

Juhaya S. Praja, Filsafat Hukum Islam, Bandung, LPM Unisba, 1995.

Kumar, V., Karande, K., & Reinartz, W. J., The Impact of Internal and External Reference Prices on Brands Choice: The Moderating role of Contextual Variables. Journal of Retailing. Vol.74 (3), 1998.

Muhammad Nasib Ar-rifa’i, Kemudahan Dari Allah – Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 2, Gema Insani,Jakarta, 1999.

Muslim Al Hajjaj Al Quraisy, Shahih Muslim Jilid 5 Kitab Bayu’ Hadits Nomor 917. Jakarta : Pustaka Azzam, 2009.

Nur Jaballahu Samir Abdun. Dhawabitu Tsamani wa Tathbiqtuhu fi Aqdil Bay, Riyadh : Dar Kanzu Isybiliya Lilnasyiri wa Tauzi, 2005.

Samir Abdun Nur Jaballahu, Dhawabitu Tsamani wa Tathbiqtuhu fi Aqdil Bay‟, Riyadh : Dar Kanzu Isybiliya Lilnasyri wa Tauzi, 2005.

Syabbul Bachri, Promosi Produk Dalam Perspektif Hukum Islam, Artikel Antalogi Kajian Islam vol. 15 No. 1. Surabaya:I AIN Sunan Ampel, 2010.

Sayyid Sabiq, Fiqh Sunnah jilid 12, Alih Bahasa Kamaludin, Marzuki dkk, Bandung: AlMa’arif, 1996.

Yuniati Asmaniah, Bauran Promosi dalam Persepektif Islam, Skripsi Jurusan Al-Ahwal Syakhsiyah Fakultas Syari‟ah, Universitas Islam Negeri Malang, 2007.

Zainul Arifin, Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah, Jakarta:Pustaka Alvabet, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.16675

Flag Counter   Â