Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Ditinjau dari Prespektif Islam

Gina Siti Nurjanah, Eva Misfah Bayuni, Yayat Rahmat Hidayat

Abstract


Abstract.Talking about state guarantees for the people, it cannot be separated from health problems. This is because health problems are things that are most often experienced by every level of society. For that, through the State Health BPJS try to overcome health problems. But in its application there are phenomena that are felt to be in fact not in accordance with the expectations of the community. This study aims to determine the condition of Service Quality and Customer Satisfaction as measured by descriptive analysis and verification, namely to find out how the conditions of these variables and how the relationship between Service Quality and Customer Satisfaction and how much influence the variable Quality of Service on Customer Satisfaction. The sample in this study amounted to 77 respondents. The research method used is a quantitative method with a field research (Field Research). The results show that the correlation of service quality to customer satisfaction is equal to 0.928 and the effect of Service Quality on all four dimensions of Service Quality is only two dimensions that have a significant effect on customer satisfaction, namely the dimensions of assurance and concern. the dominant variable is Assurance.

Keywords: Service Quality, Consumer Satisfaction, service quality in the view of Islam

Abstrak : Berbicara tentang jaminan negara pada rakyatnya maka tidak terlepas dari masalah kesehatan. Hal ini merupakan hal yang selalu dialami oleh setiap lapisan masyarakat. Untuk itu BPJS Kesehatan Negara mencoba menanggulangi masalah kesehatan. Namun pada penerapannya terdapat fenomena-fenomena yang dirasa malah tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan yang diukur dengan analisis deskriptif dan verifikatif yaitu untuk mengetahui bagaiman kondisi variabel-variabel tersebut dan bagaimana hubungan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan serta seberapa besar pengaruh variabel Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan.. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Reseach). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan yaitu sebesar 0,928 dan pengaruh Kualitas Pelayanan dari ke-4 dimensi Kualitas Pelayanan hanya dua dimensi yang berpengaruh signifinakan terhadap kepuasan pelanggan, yaitu dimensi jaminan dan kepedulian.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, kualitas pelayanan dalam pandangan Islam


Keywords


kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, kualitas pelayanan menurut prespektif islam

Full Text:

PDF

References


Supranto, J. (2011).“Pengukuran Tingkat Kepuasan pelangganâ€.Jakarta:Rineka Cipta

Zainal,Veithzal Rivai. (2017)†Islamic Marketing Managementâ€

Hartono, Bambang. (2010) “Manajemen Pemasaran Untuk Rumah Sakitâ€,Jakarta: Rineka Cipta.

Lupiyoando,Rambat .(2006)“Manajemen Pemasaran jasaâ€, Jakarta: Salemba Empat.

Wijayanto ,Fakih. (2016)“Marketing Islamiâ€.

Hidayat,Yayat Rahmat dan Senjiati,Ifa Hanifia. (2016).â€Modul Praktikum Statistikaâ€

Departemen Agama, Al-Quran dan terjemahnya. (2010). CV Penerbit Diponegoro.

Kolter Philip, A.B Susanto, (2000) “Manajemen Pemasaran Jasa Di Indonesiaâ€, Jakarta: Salemba Empat

Yamit, Julian. (2011)“ Manajemen Kualitasâ€.Yogyakarta: Ekonisia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.16527

Flag Counter   Â