Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Etika Endorser dalam Praktik Endorsement di Media Sosial Instagram

Aisyah Puteri Rosadi, Asep Ramdan Hidayat, Muhammad Yunus

Abstract


Abstract. Many endorsement marketing strategies are found on Instagram. But in endorsement activities, some Muslim endorsers who display genitals and dishonesty in giving reviews to consumers' products. Thus, in this thesis the author discusses specifically about endorsement activities from an Islamic perspective on one Muslim endorser in Bandung with the aim of explaining the concept of Islamic business ethics towards the endorsement on Instagram, explaining the endorsement on Instagram by Nurul Fatimah and knowing reviews Islamic business ethics towards ethics endorsers in the endorsement is done by Nurul Fatimah. The method used was a qualitative method with a qualitative descriptive approach and type of field research. Data collection conducted by interviews, observation and, documentation. The results showed that: first, business ethics endorsement in Islam is that goods must be halal and original, endorsers must be friendly, the process is polite, endorsers must cover their genitals, do not praise excessively, do not use oaths, are transparent, not vilifying other products, second, the endorsement conducted by Nurul Fatimah included in the bai najasy because it had met the principles in the subject of najasy buying and selling, and third, a review of Islamic business ethics towards the practice of endorsement by Nurul Fatimah.

Keywords: Endorsement, Instagram and Islam Business Ethics.

Abstrak. Strategi pemasaran endorsement banyak kita temukan di media sosial  Instagram. Namun dalam aktivitas endorsement, terdapat endorser muslim yang menampilkan aurat dan tidak jujur dalam memberikan review produk kepada konsumen. Dengan demikian, dalam skripsi ini penulis membahas secara spesifik tentang aktivitas endorsement dari sudut pandang Islam pada salah satu endorser  muslim di Bandung dengan tujuan untuk menjelaskan konsep etika bisnis Islam terhadap praktik endorsement di Instagram, menjelaskan praktik endorsement di Instagram yang dilakukan Nurul Fatimah dan mengetahui tinjauan etika bisnis Islam terhadap etika endorser dalam praktik endorsement di yang dilakukan Nurul Fatimah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : pertama, etika bisnis endorsement dalam Islam adalah barang yang diendorse harus halal dan asli, endorser harus bersikap ramah, proses endorsement dilaksanakan sopan dan santun, endorser harus menutup aurat, tidak memuji berlebihan, tidak menggunakan kata sumpah, transparan, tidak menjelekkan produk lain, kedua, praktik endorsement yang dilakukan Nurul Fatimah termasuk kedalam bai najasy karena telah memenuhi prinsip dalam subjek jual beli najasy, dan ketiga, tinjauan etika bisnis Islam terhadap praktik endorsement yang dilakukan Nurul Fatimah yaitu ditemukan beberapa etika yang dilanggar.

Kata kunci : Endorsement, Instagram dan Etika Bisnis Islam


Keywords


Endorsement, Instagram dan Etika Bisnis Islam

Full Text:

PDF

References


Al-Bukhari, Abu Abdillah Muhammad bin Ismail. Kitab Shahih Bukhari. Digital Library : Al-Maktabah Asy-Syamilah

Amalia, Fitri. (2014). Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi pada Pelaku Usaha Kecil. Al-Iqtishad: Journal of Islamic Economics, 6 (1), 133-142.

Arifin, Mahmudi bin Syamsul. (2018). Endorsement dalam Perspektif Islam. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Atmoko, Bambang Dwi. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Djakfar, Muhammad. (2012). Etika Bisnis: Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi, Jakarta : Penebar Plus.

Ervirna. (2018). “Efektivitas Celebrity Endorsement sebagai Media Iklan dalam Sosial Media Instagram”, Banda Aceh : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh.

Muslim, Imam. Kitab Shahih Muslim, Digital Library : Al-Maktabah Asy-Syamilah.

Saporso dan Dian Lestari. (2009). Peranan Endorser Terhadap Brand Image dari Sudut Pandang Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, Vol. 9, No. 3, 162.

Utami, Pratiwi Budi. (2014). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Endorsement pada Online Shop di Indonesia. Banten : Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.16252

Flag Counter