ANALISIS EFISIENSI PEMBIAYAAN WARUNG MIKRO DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS DI BANK SYARIAH MANDIRI KONSOLIDASI BANDUNG KOPO)

Selpi Yani, N. Eva Fauziah, Susilo Setyawan

Abstract


Bank Syariah Mandiri adalah salah satu perbankan yang fokus pada pengembangan sektor UMKM dan pembiayaan warung mikro.  Dari awal hingga sekarang bank ini fokus pada penyaluran pembiayaan di sektor mikro sehingga lebih dari 70% perputaran usahanya berada di pembiayaan mikro. Efisiensi adalah cara untuk mengetahui kinerja unit bisnis termasuk perbankan. Cara menghitung efisiensi suatu perusahaan adalah dengan membandingkan input yang digunakan dan output yang dihasilkan oleh perusahaan.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat efisiensi yang dihasilkan oleh Bank Syariah Mandiri serta langkah-langkah apa yang harus ditempuh oleh Bank Syariah Mandiri untuk mencapai kondisi efisien. Penelitian ini menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA).

Data Envelopment Analysis (DEA) adalah metodologi yang digunakan untuk mengevaluasi efisiensi dari suatu unit pengambil keputusan (UPK). Secara sederhana pengukuran dinyatakan dengan rasio output/rasio input.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat 7 UPK yang mencapai efisiensi maksimal dan 2 UPK yang belum mencapai efisiensi maksimal atau kondisi increasing. Cabang dengan kondisi efisiensi maksimal adalah Bandung Kopo serta yang belum maksimal Bandung Braga dan Bandung Moh.Toha. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar dapat mencapai kondisi efisiensi maksimal, yaitu : penurunan nilai APYD, pengontrolan biaya operasional,penurunan cost of fund, pengontrolan biaya promosi, dan pengontrolan net profit warung mikro.

 


Keywords


Pembiayaan Warung Mikro, Efisiensi, Data Envelopment Analysis (DEA)

References


Ahman, Eeng dan Yana Rohmana, 2009,Teori Ekonomi Mikro,Bandung: Laboratorium EKOP UPI.

Agoeng Widyatmoko,2005, Cara Jitu Mendapatkan Kredit Bank, Media Kita, Depok.

Bauer, Paul W., Berger, Allen N., Ferrier, Gary D., and Humphrey, David B. (1998), “Consistency Conditions for Regulatory Analysis of Financial Institutions: A Comparison of Frontier Efficiency Methodsâ€, Financial Services Working Paper, 02/97, Federal Reserve.

Bhava Wahyu Nugraha, Analisis Efisiensi Perbankan Menggunakan Metode Non Parametrik Data Envelopment Analysis (Dea),Jurnal Ilmu Manajemen, Vol.1, No.1, 2013.

Dominick Salvatore,2005, Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global Edisi Kelima. Jakarta: Salemba Empat.

Hendri Tanjung, Abrista Devi, 2013,Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Gramata Publishing.Jakarta.

Kasmir,2012, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya,Rajawali Pers,Jakarta.

Krisna Wijaya,2010, Analisis Kebijakan Perbankan Nasional,PT. Elex Media Komputindo, Jakarta .

Zainul Arifin,2009, Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah,Azkia Publisher, Tangerang.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.1581

Flag Counter   Â