Analisis Perilaku Konsumsen Muslimah terhadap Pembelian Barang (Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Syari’ah Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah Angkatan 2016 Unisba)
Abstract
Abstrak. Perkembangan trend fashion yang selalu berganti setiap tahun relatif mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian barang sesuai perubahan trend fashion terhadap perilaku konsumen muslimah yang berasal dari mahasiswa. Rumusan masalah penelitian bertujuan untuk mengetahui : 1) Perilaku konsumsi dalam islam, 2)Perilaku konsumsi mahasiswi Fakultas syari’ah prodi Hukum Ekonomi Syariah angkatan 2016 UNISBA terhadap pembelian barang(trend fashion), 3)Analisis perilaku konsumsen muslimah terhadap pembelian barang pada mahasiswi Fakultas syari’ah prodi Hukum Ekonomi Syariah angkatan 2016 UNISBA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer yaitu Fakultas Syari’ah prodi Hukum Ekonomi Syariah angkatan 2016 UNISBA dan sumber data sekunder berupa dokumen yang berkaitan dengan perilaku konsumsi, profil Fakultas syari’ah prodi Hukum Ekonomi Syariah UNISBA, dan lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: 1)Perilaku konsumsi dalam Islam harus berlandaskan 5 prinsip dasar yaitu prinsip keadilan,prinsip kebersihan,prinsip kesederhanan, prinsip kemurahan hati, dan prinsip moralitas. 2)Dari hasil observasi perilaku mahasiswi Fakultas Syari’ah prodi Hukum Ekonomi Syari’ah angkatan 2016 UNISBA dalam perilaku konsumsi tidak memperhatikan prinsip-prinsip dasar perilaku konsumsi Islam dan perilaku keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh faktor sosial dan faktor pisikologis. 3)Mengacu kepada prinsip dasar perilaku konsumsi Islam, sebagian besar mahasiswi Fakultas Syari’ah Prodi Hukum Ekonomi Islam angkatan 2016 UNISBA belum sesuai dengan prinsip dasar perilaku konsumsi Islam.
Â
Kata kunci : Perilaku konsumen muslimah, pembelian barang, konsumsi Islam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’an. (2015). Bandung: Perpustakaan Nasional RI.
Ibnul Jauzi Abdul Ceasar,(2017).Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Alat Musik Perspektif Ekonomi Islam, Lampung: Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan.
Mohamed Aslam Hancef, (2010). Pemikiran Ekonomi Islam Kontemporer(Analisis Komperatif Terpilih) Cet. Ke-1, Jakarta : PT. Grafindo Persada.
Muhammad Abdul Mannan, (1992). Ekonomi Islam Teori Dan Praktek, Jakarta : PT.Intermasa.
Muhammad,(2004). Ekonomi Mikro dalam Perspektif Islam cet ke 1, Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.
Pujiyono, Arif (2006). Teori Konsumsi Islami. Jurnal Dinamika Pembangunan (JDP), Vol.3 No.2 ISSN.
Sarwono,(2009). Analisis Perilaku Konsumen Presfektif Ekonomi Islam, Jurnal inovasi pertanian Vol.8 No.1, Madura: Januari.
Sri Wigati, (2011). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam, Jurnal Dosen Fakultas IAIN Vol 01,No.01, Juni: Surabaya
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.13938
  Â