Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Fee dalam Praktik Jasa Titip Barang Online (Studi Kasus Pada Princessist Online Shop)

Chyndi Fransiska, Sandy Rizki Febriadi, Popon Srisusilawati

Abstract


Abstract. This research is motivated by the development of an increasingly advanced world of technology and accompanied by the fulfillment of needs in an increasingly advanced way, making technology in buying and selling also develop. An example is the online goods deposit service by the Princessist Online Shop facebook account where this account was created to help people who want to buy an item so they don't have to wait long to get the items they want. This study aims to find out how the theory of fiqh muamalah to fees in online goods deposit services, how does the practice of online goods deposit services carried out by Princessist Online Shop, and how the fiqh muamalah review of fees in the practice of online goods deposit services on the Princessist Online Shop facebook account. This research is a field research (field research) in the Facebook Princessist Online Shop account, using data collection methods, namely the method of observation, interviews and documentation. The data of this thesis is obtained through interviews with the parties involved, namely sellers and buyers. Data were then analyzed by descriptive analysis method. Descriptive analysis is an activity that clearly describes the facts in the field and analyzes how the fiqh review of fees in the practice of online goods deposit services on the Princessist Online Shop facebook account. The results of the study concluded that the practice of online goods deposit services on the Princessist Online Shop facebook account had not been implemented well, in which the usury service in this account had occurred in usury in taking ujrah. Where ujrah specified in the practice of the services entrusted by this account is not appropriate as explained in muamalah fiqh that the ujrah is permissible if the cost is indeed the real cost of transportation when buying goods is not determined beforehand before the item is purchased.

Keywords: Fee, Goods Deposit Services, Wakalah bil Ujrah.

  

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dunia teknologi yang semakin maju serta diiringi dengan pemenuhan kebutuhan dengan cara yang semakin advance, membuat teknologi dalam jual beli pun ikut berkembang. Contohnya adalah  jasa titip barang online oleh akun facebook Princessist Online Shop dimana akun ini dibuat untuk membantu orang-orang yang ingin membeli suatu barang agar tidak perlu mengantri lama untuk mendapatkan barang yang diinginkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teori fiqh muamalah terhadap fee dalam jasa titip barang online, bagaimana praktik jasa titip barang online yang dilakukan oleh Princessist Online Shop, dan bagaimana tinjauan fiqih muamalah terhadap fee dalam praktik jasa titip barang online di akun facebook Princessist Online Shop. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reserch) di akun Facebook Princessist Online Shop, dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penulisan skripsi ini diperoleh melalui wawancara dengan pihak yang terlibat, yaitu penjual dan pembeli. Data kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Deskriptif analisis merupakan suatu kegiatan menggambarkan secara nyata fakta yang ada di lapangan dan menganalisis bagaimana tinjaun fiqih muamalah terhadap fee dalam praktik jasa titip barang online di akun facebook Princessist Online Shop. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik jasa titip barang online di akun facebook Princessist Online Shop belum terlaksana dengan baik dimana dalam praktiknya jasa titip barang online di akun ini telah terjadi riba dalam pengambilan ujrahnya. Dimana ujrah yang ditentukan dalam praktik jasa titip oleh akun ini tidak sesuai seperti yang telah dijelaskan dalam fiqih muamalah bahwa ujrah tersebut diperbolehkan jika  biaya tersebut memang biaya rill atas trasportasi saat membeli barang bukan ditentukan terlebih dahulu sebelum barang dibeli.

Kata Kunci : Fee, Jasa Titip Barang, Wakalah bil Ujrah.


Keywords


Fee, Jasa Titip Barang, Wakalah bil Ujrah.

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab Khallaf, Ilmu Ushul Al-Fiqh, Ad-Dar Al-Kuwaitiyah, cet. 8.

Abu Azam Al Hadi (2014), Fiqh Muamalah Kontemporer Surabaya : UIN Sunan Ampel Press.

Ascarya (2013), Akad dan Produk Bank Syari’ah, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Departemen Agama RI (2007), CV. PenerbitJ-ART, Bandung.

Haroen, Nasrun (2007). Fiqih Muamalah. Jakarta: Gaya Media Pratama Jakarta.

Helmi Karim (1997), Fiqh Mu’amalah, Jakarta: Rajawali Pers.

Erwandi Tarmizi, (2018, September 13), “Titip Beli Online Gofood “ dalam www.ejournal.unisba.ac.id/index.php/amwaluna/article/view/3363

Muhammad bin Isma’il Al-Kahlani (1960), Subul As-Salam, Juz 3, Musthafa Al-Babiy Al-Halabiy, Mesir, cet. 4.

Rachmad Syafei’ (2010), Fiqh Mu’amalah, Pustaka Setia :.

Sayid Sabiq (1981), Fiqh As-Sunnah, Juz 3. Dar Al-Fikr, Beirut, cet 3.

Shinta Yudhiantika,(2018, September 25), Praktik Jasa Titip Barang Online di Akun Facebook Princessist Online Shop, (C. Fransiska, Interviewer)

Syafi’I Antonio (2001), Islamic Banking Bank syari’ah: Dari Teori ke Praktik, Gema Insani, Jakarta.

Tarmizi, E (20017), Harta Haram Muamalat Kontemporer, Bogor: BMI Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.13925

Flag Counter   Â