Pengaruh Nilai Taksir dan Biaya-Biaya terhadap Loyalitas Nasabah dalam Penggunaan Jasa Pembiayaan Gadai Emas Syariah

Andi Siti Humairah, Ramdan Fawzi, Nanik Eprianti

Abstract


Abstract. Sharia Gold Pawn is holding material collateral belonging to the customer (Arrahin) as collateral for the loan received, and the goods are economic, so that the bank (Al-Murtahin) is guaranteed to take back all or part of the debt from the pledged goods. submitted, if the mortgaging party cannot pay the debt at a specified time. The author takes the topic namely "The Effect of Estimated Value and Costs on Customer Loyalty in the Use of Islamic Gold Pawn Financing Services". This problem looks at the extent of the influence of Estimated Value and Costs on Customer loyalty in the services of Sharia Gold Pawn. The purpose of this study are: (1) to determine the effect of estimated value on customer loyalty, (2) to determine the effect of costs on loyalty customers, and (3) to find out how much the two variables have an effect on customer loyalty. The method used is quantitative by analyzing the techniques of Multiple Regression Analysis, namely Estimated Value and Cost data in the Sharia Gold Pawn financial statements. The data that has been analyzed is drawn conclusions by means of hypotheses and determination. Based on the results of the research and discussion that have been done, it can be concluded as follows: (1) There is a very significant effect of the estimated value on customer loyalty (2) costs for customer loyalty (3) The two variables found to have a significant effect on Customer Loyalty because the coefficient of determination obtained 26.4% of the remaining 73.6% of other bank products that could affect Islamic gold pawn income.

Keywords: Sharia Gold Pawn, Estimated Value, Costs and Customer Loyalty.

 

Abstrak. Gadai Emas Syariah adalah menahan barang jaminan yang bersifat materi milik nasabah (Arrahin) sebagai jaminan atas pinjaman yang diterimanya, dan barang tersebut bersifat eknomis, sehingga bank (Al-Murtahin) memperoleh jaminan untuk mengambil kembali seluruh atau sebagian hutangnya dari barang gadai yang diserahkan, apabila pihak yang menggadaikan tidak dapat membayar utang pada waktu yang telah ditentukan. Penulis mengambil topik yaitu “Pengaruh Nilai Taksir dan Biaya-Biaya terhadap Loyalitas Nasabah Dalam Penggunaan Jasa Pembiayaan Gadai Emas Syariahâ€. permasalahan ini melihat sejauh mana pengaruh Nilai Taksir dan biaya-Biaya terhadap loyalitas Nasabah dalam jasa Gadai Emas Syariah.Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pengaruh nilai taksir terhadap loyalitas nasabah, (2) untuk mengetahui pengaruh biaya-biaya terhada loyalitas nasabah, dan (3) untuk mengetahui seberapa besar kedua variabel berpengaruh terhadap loyalitas nasabah.Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan dianalisis dengan teknik Analisis Regresi Berganda, yakni data Nilai Taksir dan Biaya-Biaya dalam laporan keuangan Gadai Emas Syariah. Data yang sudah dianalisis ditarik kesimpulan dengan cara hipotesis dan determinasi.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah di lakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Terdapat pengaruh yang amat signifikan dari nilai taksir terhadap loyalitas nasabah (2) Terdapat pengaruh tetapi tidak signifikan dari biaya-biaya terhadap loyalitas nasabah (3) Kedua variabel didapati adanya pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Nasabah dikarenakan pada koefision determinasi memperoleh 26,4% dari sisanya sebanyak 73,6% dari produk bank lainnya yang dapat mempengaruhi pendapatan gadai emas syariah.

 

Kata Kunci: Gadai Emas Syariah, Nilai Taksir, Biaya-Biaya dan Loyalitas Nasabah.

 


Keywords


Gadai Emas Syariah, Nilai Taksir, Biaya-Biaya, dan Loyalitas Nasabah

Full Text:

PDF

References


Ahmad Maulidizen. Jurnal Ekonomi Syariah,. Universitas Malaya Malaysia. Dikutip

dari Skripsi Analisis Gadai Emas Syariah: Studi Kasus pada BRI Syariah

Cabang Pekanbaru.2016

Ahnad Supriyadi. Struktur Hukum Pegadaian Syariah Dalam Perspektif Hukum Islam

dan Hukum Positif (Suatu Tinjauan Yuridis Normatif Terhadap Praktek

Pegadaian Syariah di Kudus)

Damanhur. Pengaruh Jumlah Taksiran dan Uang Pinjaman Terhadap Laba Bersih

Pada Perum Pegadaian Syariah Kota Lhokseumawe . Volume 9 Nomor 2. 2011.

Ermi Suhasti. Operasional...

Khasmir. 2009. Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja

GrafindoPersada.

Mulyadi. Akuntansi Biaya. Yogyakarta. STIE YKPN. 2005.

Philip Kotler. Marketing Insights From A to Z. Jakarta. Erlangga. 2003.

Rambat Lopiyoadi dan Hamdani. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta:

Salemba Empat.

Zainul Arifin. 2002. Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah. Jakarta: Alvabet.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.13765

Flag Counter   Â