PENGARUH MODEL PENGEMBANGAN SDM MELALUI E-LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI KARYAWAN DI BANK BJB SYARIAH

Akbar Alamsyah, Asep Ramdan Hidayat, Dudung Abdurrahman

Abstract


Salah satu indikator keberhasilan suatu perusahaan terletak pada Kualitas Sumber Daya Manusianya. Begitu pula dengan bank syariah, sumber daya manusia yang dimiliki oleh bank syariah haruslah memiliki kemampuan dalam menjalankan setiap transaksi perbankan, mengingat faktor pelayanan yang di berikan oleh karyawan ini sangat menentukan sukses atau tidaknya bank ke depan. Kemajuan dalam teknologi pun turut memegang peranan penting dalam penyediaan SDM yang berkualitas bagi perbankan. Kemajuan tekonologi tidak bisa lepas dari perkembangan internet sendiri. Bank BJB Syariah menyediakan sarana peningkatan kualitas SDM melalui beragam fasilitas pendidikan dan pelatihan (Diklat) sebagai upaya peningkatan kompetensi karyawannya, salah satunya terdiri dari Program Pelatihan Berbasis Kompetensi yaitu E-Learning. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu Bagaimana pelaksanaan E-Learning, Bagaimana kompetensi karyawan di bank bjb syariah ditingkatkan serta bagaimana pengaruh model pengembangan SDM melalui E-Learning terhadap peningkatan kompetensi karyawan di Kantor Pusat Bank BJB Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Model Pengembangan E-Learning di Kantor Pusat Bank BJB Syariah, bagaimana karyawan kantor pusat bank bjb syariah meningkatkan kompetensinya, dan seberapa besar pengaruh model pengembangan E-Learning terhadap peningkatan kompetensi karyawan di kantor pusat bank bjb syariah.

Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi kepustakaan, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan untuk mencari pengaruh variabel independen dan dependen menggunakan metode analisis regresi sederhana, hipotesis, dan koefisien determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengembangan E-Learning di kantor pusat sudah sesuai dengan harapan dan digunakan sebagaimana mestinya, tetapi media E-Learning ini butuh diperbarui oleh Divisi SDI. Sedangkan untuk peningkatan kompetensi karyawan, media E-Learning ini merupakan salah satu indikator peningkat kompetensi. Dari hasil uji t dan koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pengembangan E-Learning dan peningkatan kompetensi karyawan, dan tingkat pengaruhnya adalah sebesar 33,1% dan sisanya sebesar 66,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Keywords


Pengembangan SDM, E-Learning, Kompetensi Karyawan

References


Dr. Ahmad Ibrahim Abu Sinn. 2006. Manajemen Syariah: Sebuah Kajian Historis dan Kontemporer. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

DR. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si. 2014. Pengembangan E-Learning: Teori dan Desain. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Drs. H. Malayu S.P Hasibuan. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia: Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hadari Nawawi. 2005. Perencanaan SDM : untuk organisasi profit yang kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Imam Al-Qurthubi. 2008. Tafsir Al-Qurthubi Bagian 5 (Terjemah Al-Jami’ Li Ahkami Al-Qur’an). Jakarta: Pustaka Azzam.

Imam Tirmidzi. 1994. Sunan Tirmidzi Juz IV. Dar Al-Kutub Al-‘Ilmiyah.

Kasmir. 2012. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Komaruddin Sastradipoera. 2006. Pengembangan dan Pelatihan: Suatu Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Kappa-Sigma Bandung.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja: Berbasis Kompetensi. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Mulyadi, 2011. Sistem Akuntansi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Neni Sri Imaniyati. 2013. Perbankan Syariah dalam Perspektif Hukum Ekonomi. Bandung: CV. Mandar Maju.

Prof. DR. H. Abdurrahman Fathoni, M.Si. 2006. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Prof. Dr. H. Ismail Nawawi Uha, MPA, M.Si. 2014. Manajemen Perubahan: Teori dan Aplikasi pada Organisasi Publik dan Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prof. Dr. Hj. Sedarmayanti, M.Pd., APU. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Saifuddin Bachrun. 2011. Menyusun Penggajian Berbasis Kompetensi. Jakarta: Penerbit PPM.

Sjafri Mangkuprawira. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Bogor: Ghalia Indonesia.

HRD.Live, Diakses Tanggal 4 Mei 2015, Pukul 16.40 WIB

Portal Bank BJB Syariah, Diakses Tanggal 8 Mei 2015, Pukul 10.30 WIB

www.bjb.syariah.co.id, Diakses Tanggal 22 Juni 2015, Pukul 14.35 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.1290

Flag Counter   Â