ANALISIS MARKETING SYARIAH TENTANG PENERAPAN SWITCHING BARRIER DI BJB SYARIAH KANTOR PUSAT BANDUNG

Reza Fahlevi, Zaini Abdul Malik, Nunung Nurhayati

Abstract


Sebagai lembaga perbankan Syariah, manajemen BJB Syariah menrapkan sutu pola pemasaran dan pelayanan yang belandskan nilai-nilai Islam. Pemasaran syariah (marketing syariah) adalah bentuk pemasaran yang berlandaskan pada hukum Islam, pada peraturan-peraturan Islam, serta tidak bertentangan dengan peraturan tersebut.Penelitian ini difokuskan kepada kinerja marketing Islami yang diterapkan pada dimensi switching barrierdalam meningkatkan loyalitas nasabahnya. Hal tersebut dikarenakan mengingat BJB Syariahmerupakan salah satu BUMD yang dimiliki Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sehingga akat dekat sekali dengan pemerintah sekaligus merekomendasikan poin-poin regulasi yang bernuansakan nilai-nilai syariah. Karena keberhasilan BJB Syariah dalam meningkatankan serta mempertahankan loyalitas nasabahnya, akan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pembangunan bank syariah di daerah Jawa Barat pada khususnya.

Hasil dari penlitian ini adalah penerapan sistem marketing syariah dalam meningkatkan loyalitas nasabah di Bank Syariah hal ini harus dilakukan dengan nilai-nilai dan etika bisnis Islam dalam memenuhi harapan nasabahnya. Pemenuhan harapan nasabah tersebut hal ini akan menimbulkan kepuasan yang akan mendorong nasabah menjadi loyal.Penerapan Switching Barrier dalam kegiatan merketing di BJB Syariah Kantor Pusat Bandung hal ini dilakukan dengan kegiatan sales promotion memberikan pelayanan tambahan yang diberikan pihak BJB Syariah Pusat  Bandung berupa pelayanan on line dan pelayanan keluhan nasabah di beberapa outlite serta kantor Cabang BJB Syariah di seluruh wilayah Kota Bandung. Dan analisa marketing syariah tentang penerapan Switching Barrier di BJB Syariah Kantor Pusat Bandungsecara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan metode switching barriers dalam pelaksanaan marketing dan pelayanan nasabah di BJB Syariah Kantor Pusat Kota Bandung dalam meningkatkan loyalitas para nasabahnya tidak bertentangan dengan nilai-nilai marketing syariah atau telah sesuai dengan nilai-nilai syariah.


Keywords


Marketing Syariah, Pelayanan,Switching Barrier,dan Loyalitas.

References


Adiwarman Azwar Karim, Ekonomi Mikro Islami, IIIT, Jakarta, 2002.

Adiwarman Karim dan Sutedjo Prihatono, “Makalah Seminar dan Diskusi Panel Sistem Keuangan Syariah: Prospek Pembiayaan Berbagi Hasil dan Resikoâ€, YPM Salman ITB dan SBM ITB, Bandung, 2005.

A. Djazuli, Kaidah-kaidah Fikih, Kencana, Jakarta, 2006.

Anang Arif Susanto, “Membangun Loyalitas Nasabah Bank Syariahâ€, 25 Januari 2004, dalam www.google.com.

Christopher Lovelock dan Lauren K. Wright, Manajemen Pemasaran Jasa, Indeks, Jakarta, 2005.

Deni Setiawan, “Loyalitas Nasabah pada Perbankan Syariahâ€, 12 Februari 2006, dalam Riau Pos.

Didin Hafiduddin dan Hendri Tanjung, Manajemen Syariah dalam Praktik, Gema Insani Press, Jakarta, 2003.

Fandy Tjiptono, Manajemen Jasa, Andi Offset, Yogyakarta, 2004.

Habib Nazir dan Muhammad Hasanuddin, Ensiklopedi Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah, Kaki Langit, Bandung, 2004.

Heri Sudarsono, Bank dan Lembaga Keuangan Syari’ah, Edisi 2, Ekonosia, Yogyakarta, 2003.

Hermawan Kartajaya, MarkPlus on Strategy, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003.

Hermawan Kartajaya dan Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing, Mizan, Bandung, 2006.

Jill Griffin, Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan,Edisi Revisi dan Terbaru, Erlangga, Jakarta, 2005.

Kasmir, Etika Customer Service, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005.

Mangasa. A Sipahutar, Customer Focus dalam Industri Perbankan, Alfabeta, Bandung, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.1143

Flag Counter   Â