PENGARUH FEE BASED INCOME TERHADAP EARNING PER SHARE (EPS) DI BRI SYARIAH

Shyntya Rhamadhany, Zaini Abdul Malik, Nunung Nurhayati

Abstract


Dewasa ini persaingan di dunia perbankan sudah semakin ketat. Bank-bank mulai melirik pendapatan dari sektor jasa, yaitu fee based income. Pendapatan ini dianggap memiliki prospek yang baik kedepannya karena memiliki resiko yang kecil.

Metode penelitian yang digunakan terdiri dari: jenis penelitian berbentuk analisis kuantitatif dengan penyelidikan perpustakaan (library reseach). Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu laporan keuangan dan tahunan BRI Syariah tahun 2009 s/d 2014 dan sumber data sekunder yaitu literatur lainnya yang relevan. Teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan deskriptif analisis dengan tahapan proses analisa berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kondisi fee based income di BRI Syariah sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut ditandai dengan nilai pendapatan fee based income yang tercatat di laporan keuangan BRI Syariah mengalami pertumbuhan yang fluktuatif pada setiap tahunnya, perkembangan earning per share (EPS) di BRI Syariah juga sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut ditandai dengan nilai laba yang tercatat di laporan tahunan BRI Syariah mengalami peningkatan pertumbuhan yang fluktuatif pada setiap tahunnya, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa fee based income berpengaruh signifikan terhadap earning per share (EPS). Dimana besarnya pengaruh fee based income sebesar 71,6% dan sisanya 28,4% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, yaitu pendapatan yang bukan berbasis jasa. Di BRI Syariah terdapat hubungan yang kuat dan hubungan yang positif antara fee based income dengan earning per share (EPS).


Keywords


Fee Based Income, Earning Per Share (EPS)

References


Abdullah. 1994. Dictionary of Accounting. Jakarta: Mario Grafika.

Dahlan Siamat. 1999. Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta: Intermedia.

John J. Wild. 2003. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. 2012. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Lukman Dendawijaya. 2001. Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

P. Suhardi. 2002. Transaksi Transfer dan Inkaso. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Taswan. 2006. Manajemen Perbankan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Zainuddin Nafarin. 2006. Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Zaki Baridwan. 1997. Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE.




Flag Counter