Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Tabunganku di Bank Muamalat KCP Salman ITB

Dhimas Rizky Ramadhan, Neneng Nurhasanah, Sandy Rizki Febriadi

Abstract


Abstract. Service is very important in the banking sector, especially sharia banking. Service is the behavior of the bank in order to meet the needs and desires for the achievement of customer satisfaction in choosing the product. But the current service in the banking system is less efficient with less people who want to save to the bank. This research aims to know the Quality of Bank Muamalat KCP Salman ITB Services to Increase Number of My Savings Customer. Based on the background of the problem makes the formulation of the problem First how the quality of service to increase the number of customers, the second how the quality of services provided bank muamalat against customers, third how the influence of service quality to increase the number of customers in Muamalat Salman ITB.Betode research used descriptive method qualitative analysis. Sources of data used primary data is data obtained directly through interviews to the Customer, and to the Bank Muamalat KCP Salman ITB as the object of research. Based on the results of research, the conclusions obtained are: First, the quality of service must contain Tangibles, Reability, Responsiveness , Assurance, Emphaty. Secondly, the Quality of Service provided by Bank Muamalat KCP Salman ITB to its customers is by costumer service that provides services for customers who come directly to the bank and have SFE (Syariah Funding Executive) services provided to customers who can not come directly to the Bank. Thirdly, the quality of service to increase the number of customers in Bank Muamalat KCP salman ITB itself has increased, when the additional services in the form of SFE (Syariah Funding Executive) employees who assist in the collection, opening new accounts and expanding customer networks, especially in Bandung, an increase taken by SFE by 55% and 45% of the services provided by the costumer service of the total each month. Then the quality of service Bank Muamalat KCP Salman ITB is very influential on the increase in the number of Customers.

Keywords: Quality, Service, Customer, and Sharia Bank.

Abstrak. Pelayanan sangat penting dilakukan pada sektor perbankan khususnya perbankan syariah. Pelayanan merupakan perilaku bank dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan demi tercapainya kepuasan nasabah dalam memilih produk. Namun pelayanan saat ini di dalam perbankan kurang efisien dengan berkurangnya masyarakat yang ingin menabung ke bank.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Bank Muamalat KCP Salman ITB Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah TabunganKu. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut menjadikan rumusan masalah Pertama bagaimana kualitas pelayanan terhadap peningkatan jumlah nasabah, kedua bagaimana kualitas pelayanan yang di berikan bank muamalat terhadap nasabah, ketiga bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap peningkatan jumlah nasabah di bank Muamalat Salman ITB.Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif analisis secara kualitatif. Sumber data yang digunakan data primer yaitu data yang langsung diperoleh melalui wawancara kepada pihak Nasabah, dan kepada pihak Bank Muamalat KCP Salman ITB sebagai objek penelitian.Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang di peroleh  yaitu : Pertama, kualitas pelayanan harus mengandung Tangibles, Reability, Responsiveness, Assurance, Emphaty. Kedua, Kualitas Pelayanan yang di beikan bank Muamalat KCP Salman ITB kepada nasabahanya adalah dengan costumer service yang memberikan pelayanan bagi nasabah yang langsung datang kepada bank dan SFE (Syariah Funding Executive) pelayanan yang diberikan kepada nasabah yang tidak bisa datang langsung ke Bank. Ketiga,  Kualitas pelayanan terhadap peningkatan jumlah nasabah di Bank Muamalat KCP salman ITB itu sendiri telah meningkat, ketika adanya pelayanan tambahan berupa pegawai SFE (Syariah Funding Executif) yang membantu dalam penghimpunan, pembukaan rekening baru dan memperluas jaringan nasabah khususnya di Kota Bandung, dengan adanya peningkatan yang diambil oleh SFE sekitar 55% dan 45% dari pelayanan yang diberikan oleh costumer service dari total setiap bulannya. Maka kualitas pelayanan Bank Muamalat KCP Salman ITB sangatlah berpengaruh terhadap peningkatan jumlah Nasabah.

Kata kunci: Kualitas, Layanan, Pelanggan, dan Bank Syariah.


Keywords


Kualitas, Layanan, Pelanggan, dan Bank Syariah.

Full Text:

PDF

References


Depag RI, Al Quran dan Terjemahan, CV Diponegoro, Bandung, 2000.

Edy Wibowo, Mengapa Memilih Bank Syariah, Ghalia Indonesia, Bogor, 2005.

Fandy Tjiptono, Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Penerbit Andi, Yogyakarta, 2000.

Hasibuan Malayu SP, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT Rajawali Press, Jakarta, 2002.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran Edisi kedelapan (alih Bahasa oleh : AB Susanto), Salemba Empat. Jakarta, 2008.

M. Ali Hasan, Pemasaran Jasa. Penerbit Andi, Yogyakarta, 2007.

Muslim Al Hallaj, Shahih Muslim Volume VIII Kitab Dzikr, Hadits No. 1897, Darul Fiqr, Beirut, t.th.

Ratih Hurriyati, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Alfabeta, Bandung, 2005.

Richard F. Gerson, Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan, Penerjemah: Hesti Widyaningrum cet.II, PPM, Jakarta, 2002.

T. Hani Handoko, Manajemen Analisa Perilaku Konsumen, Liberty, Yogyakarta, 1998.

Tim Penyusun LIPI, Perkembangan BPRS di Indonesia. Diposting pada tanggal 16 Desember 2016. Sumber : http://www.ekonomi.lipi.go.id/id/book/pengembangan-bank-pembiayaan-rakyat-syariah-bprs

Yusuf Qardhawi, Norma dan Etika Ekonomi Islam, GIP, Jakarta, 1997.




Flag Counter