ANALISIS PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NO. 1 TENTANG PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN NO. 101 TENTANG PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN SYARIAH TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PT. BERSAMA ZATTA JAYA (BEZAYA) ELZATTA H

Silmi Millatina Wahdini, Zaini Abdul Malik, Nunung Nurhayati

Abstract


PT. Bersama Zatta Jaya (Bezaya) Elzatta Hijab Bandung merupakan salah satu Perusahaan yang bergerak dalam usaha bisnis busana muslim. Jika dilihat dari produk yang dihasilkan, dapat dikatakan bahwa Perusahaan ini bergerak dalam bisnis yang terdapat ajakan, khususnya bagi para muslimah untuk menutup auratnya, namun apakah ekonomi yang dijalankannya pun bertentangan atau tidak dengan ekonomi Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana PSAK No. 1 dan PSAK No. 101, bagaimana laporan keuangan PT. Bezaya Elzatta Hijab Bandung, dan bagaimana analisis komparasi PSAK No. 1 dan No. 101 terhadap laporan keuangan Bezaya.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-komparatif, yaitu menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya ataupun munculnya suatu fenomena tertentu dengan membandingkan persamaan dan perbedaan dua atau lebih fakta-fakta dan sifat-sifat objek yang diteliti berdasarkan kerangka pemikiran tertentu dalam waktu yang berbeda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, dan studi kepustakaan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Bersama Zatta Jaya (Bezaya) Elzatta Hijab Bandung masih menggunakan PSAK No. 1 dan tidak menggunakan PSAK No. 101, sehingga ditemukan bunga bank menjadi pendapatan bagi Perusahaan dan tidak mencantumkannya laporan sumber dan penyaluran dana zakat selama periode dan sumber dan penggunaan dana kebajikan selama periode.


Keywords


PSAK No. 1 (revisi 2013), PSAK No. 101 (revisi 2014), Laporan Keuangan PT. Bersama Zatta Jaya (Bezaya) Elzatta Hijab Bandung.

References


Astrid Rona Novianty Paluruan dan Baldric Siregar, “Dampak Manajemen Laba terhadap Relevansi Informasi Laporan Keuangan Dimoderasi oleh Akrual Diskresioner JangkaPendek dan Jangka Panjang,” Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 3, No. 2, 2009.

Departemen Agama RI, Mushaf Al-Qur’an Terjemah Edisi Tahun 2002, Al-Huda, Depok, 2005.

DSAK IAI, Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Syari’ah, IAI, Jakarta, 2007.

Husain Shahata, Accounting in Islam, Journal of Islamic Economy, February 1982.

Husein Umar, Metode Riset Komunikasi Organisasi, PT. Gramedia Pustaka Pratama, Jakarta, 2003.

Ikatan Akuntan Indonesia, Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1 Pengungkapan Kebijakan Akuntansi, Jakarta, 1994.

Ikatan Akuntan Indonesia, Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Penyajian Laporan Keuangan Syari’ah, Jakarta, 2009.

Ikatan Akuntan Indonesia, Standar Akuntansi Keuangan per Efektif 1 Januari 2015, Jakarta, 2014.

Kuat Ismanto, Manajemen Syari’ah; Implementasi Syari’ah Implementasi TQM dalam Lembaga Keuangan Syari’ah, Pustaka pelajar, Yogyakarta, 2009.

Rachmat Kriyantono,Teknik Praktis Riset Komunikasi, Kencana, Jakarta, 2009.

Rahmawati, “Relevansi Nilai Earnings dengan Pendekatan Terintegrasi: Hubungan Non linier,”Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, Vol. 9, No. 1, 2005.

Rizal Yaya, Aji Erlangga Martawireja, Ahim Abdurahim, Akuntansi Perbankan Syari’ah Teori dan Praktik Kontemporer Berdasarkan PAPSI 2013, Salemba Empat, Jakarta, 2014.

Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2001.

Sofyan Syafri Harahap, Akuntansi Islam, PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2004.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung, 2005.

Triyuwono, Iwan, Akuntansi Syariah: Perspektif, Metodologi, dan Teori. Jakarta: Rajawali Press, 2006.

Achmad Ramdhani. Analisis Penerapan PSAK No.46 Terhadap Penyajian Laporan Keuangan pada PT. Mitra Tritunggal Abadi, 2015, http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/1257

Ade Kurniawan. Analisis Perbandingan Penerapan SAK ETAP dan PSAK No. 101 Pada KSU Baitul Maal Wat Tamwil Mujahidin Kalimantan Barat, 2013, http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejafe/article/view/1243

Candra Setya Santoso, Industri Kreatif Indonesia Ditopang Fashion, 2009, http://m.okezone.come/read/2009/10/13/320/265226/industri-kreatif-indonesia-ditopang-fashion

Gibran Ramadhan, Pengertian Laporan Keuangan dan Menurut Para Ahli, 2013, http://gibran-de-leonardo.blogspot.com/2013/04/pengertian-laporan-keuangan.html?m=1.

Muhammad Baiquni Syihab, Reformasi Akuntansi Syari’ah: Rancang Bangun Laporan Keuangan Neraca Berbasis Syirkah Islam, 2012, http://ekonomipolitikislam.blogspot.com/2012/05/reformasi-akuntansi-syari’ah-rancang.html?m=1




Flag Counter