Pengaruh Implementasi TQM (Total Quality Management) Terhadap Kinerja Karyawan di Dompet Dhuafa Bandung

Burhan Nur Azi

Abstract


Abstract. One of the methods that can be applied to zakat management in Lembaga Amil Zakat (LAZ) is through Total Quality Management (TQM). With the TQM method, it is expected that the management of zakat starting from the collection, distribution and management of zakat can actually produce a good economic order for the people. In addition, the implementation of TQM system is also expected to improve the performance of the employees in LAZ as one measure of the managerial success of zakat management in LAZ. Related things tesebut, then Dompet Dhuafa Bandung Management implement a system of work patterns with TQM which aims to improve the performance of its employees and amilinnya. Based on the description on the background of the problem, then the formulation of the problem in this study is as follows: How to implement Total Quality Management (TQM) in Dompet Dhuafa Bandung? How Employee Performance in Dompet Dhuafa Bandung? And how the influence of TQM implementation on Employee Performance in Dompet Dhuafa Bandung? The research method used is analytical descriptive by examining the application of TQM values implemented by DHUFA Dompet Bandung Management and its influence on the performance level of the employees and amilin. The data analysis is done through calculation of simple linear regression analysis with processing using SPSS series 20 for window. The conclusion of this research is the implementation of Total Quality Management in Dompet Dhuafa Bandung has been done well, then the performance of amilin and masterpiece Dompet Dhuafa Bandung is good enough, and contribution from variable X that is Total Quality Management at Dompet Dhuafa Bandung to variable Y or Employee Performance is 65.3% which indicates a considerable level of influence. Then the rest of 34.7% changes that occur in variable Y or employee Performance form in Dompet Dhuafa Bandung caused by other factors not examined than the implementation of Total Quality Management in Dompet Dhuafa Bandung.

 

Abstrak. Salah satu metode yang dapat diterapkan pada manajemen zakat di Lembaga Amil Zakat (LAZ) adalah melalui Total Quality Management (TQM). Dengan metode TQM tersebut, diharapkan penglolaan zakat mulai dari pemungutan, penyaluran dan pengelolaan zakat dapat benar-benar menghasilkan tatanan ekonomi yang baik bagi umat. Selain itu, penerapan sistem TQM juga diharapkan mampu meningkatkan kinerja para karyawan di LAZ tersebut sebagai salah satu ukuran keberhasilan manajerial pengelolaan zakat di LAZ. Terkait hal tesebut, maka manajemen Dompet Dhuafa Kota Bandung menerapkan sistem pola kerja dengan TQM yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja para karayawan dan amilinnya. Berdasarkan pada uraian pada latar belakang masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini ialah sebagai berikut : Bagaimana Implementasi Total Quality Management (TQM) di Dompet Dhuafa Bandung ? Bagaimana Kinerja Karyawan di Dompet Dhuafa Bandung ? Dan bagaimana pengaruh implementasi TQM Terhadap Kinerja Karyawan di Dompet Dhuafa Bandung ? Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan meneliti penerapan nilai-nilai TQM yang dilaksanakan manajemen Dompet DHuafa Kota Bandung serta pengaruhnya terhadap tingkat kinerja para karyawan dan amilinnya. Adapun  analisa data dilakukan melalui perhitungan analisis regresi linier sederhana dengan pengolahan menggunakan program SPSS seri 20 for window.  Simpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan Total Quality Management di Dompet Dhuafa Kota Bandung telah dilaksanakan sudah baik, kemudian kinerja para amilin dan karyawandi Dompet Dhuafa Kota Bandung sudah cukup baik, dan kontribusi dari variabel X yaitu Total Quality Managementdi Dompet Dhuafa Kota Bandung terhadap variabel Y atau Kinerja Karyawan adalah 65.3% yang menunjukkan tingkat pengaruh yang cukup baik. Kemudian sisanya sebesar 34.7% perubahan yang terjadi pada variabel Y atau bentuk Kinerja karyawan di Dompet Dhuafa Kota Bandung disebabkan oleh faktor lainnya yang tidak diteliti selain daripada pelaksanaan Total Quality Managementdi Dompet Dhuafa Kota Bandung

Kata Kunci : Manajemen, Zakat dan Kinerja.


Keywords


Manajemen, Zakat dan Kinerja.

Full Text:

PDF

References


Hasibuan, Malayu S. P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Anwar Prabu Mangkunegara, 2006. Perencanaan dan Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia, Pen. PT Refika Aditama.

Prawirosentono. S, 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia, Kebijakan Kinerja Krayawan. BPFE, Yogyakarta.

Nawawi Hadari, 2005. ManajemenSumberDayaManusiaUntukBisnisKompetitif. Gajah Mada University Press,Yogyakarta.

Rival, Veithzal 2009 .ManajemenSumberDayaManusiadariTeori kPraktik.RajawaliPers, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.10695

Flag Counter   Â