Kajian Bauran Pemasaran Pembiayaan KPR Islamic Banking Menggunakan Analisis Swot (Studi Kasus pada BPRS Al Salaam Cabang Bandung)

Salisa Dalfa, Ratih Tresnati, Popon Srisusilawati

Abstract


Abstract. This research is motivated by the growth of financing KPR sharia in 2018 reached 21, 69% and total assets increased 24,2 % compared to prvious year. While the facts on the area are the opposites, this happens because in BPRS Al Salaam branch bandung where the growth of KPR iB from the beginning formed in 2015 until the end of 2017 stagnant or only shows 22%, the condition is due to the marketing mix layout KPR ib financing less well seen by 7P. The authors use sosiology research approach,  qualitative research methods, data collection technique using library research, observation technique and interview, technique of data analysis by using descriptive method with analysis tool that is SWOT analysis. Data source are two that is primary and secondary data. This research is done to know implementation of marketing mix KPR iB financing BPRS Al Salaam branch Bandung  using SWOT analysis. The results of the analysis performed by BPRS Al Salaam branch Bandung has a high chance in developing KPR iB financing products BPRS Al Salaam in the future, because BPRS Al Salaamis one of the pioners who are able to provide KPR iB financing.

Keywords: Marketing Mix, KPR iB, SWOT Analysis.

 

Abstrak. Penelitian ini di latar belakangi oleh pertumbuhan pembiayaan KPR syariah tahun 2018 mencapai angka 21,69 % dan total aset meningkat 24,2 % meningkat di banding tahun sebelumnya. Sedangkan fakta di lapangan kebalikannya, hal ini terjadi di BPRS Al Salaam cabang Bandung dimana pertumbuhan KPR iB BPRS Al Salaam dari awal di bentuk tahun 2015 sampai akhir 2017 stagnan atau hanya menunjukan 22%, kondisi tersebut terjadi akibat rancangan bauran pemasaran pembiayaan KPR iB kurang baik di lihat dari 7P. Penulis menggunakanpendekatan sosiologis,  metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik keputakaan, observasi dan wawancara, teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan alat analisis yaitu analisis SWOT. Sumber data ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini  dilakukan  untuk mengetahui  implementasi bauran  pemsaran  pembiayaan KPR iB  BPRS Al  Salaam  cabang Bandung dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil dari analisis yang dilakukan adalah BPRS Al Salaam cabang Bandung memiliki peluang yang tinggi dalam mengembangkan  produk  pembiayaan  KPR  iB   BPRS  Al  Salaam  kedepannya, karena BPRS  Al Salaam merupakan  salah satu pelopor  BPRS yang mampu memberikan pembiayaan KPR iB.

Kata Kunci : Bauran Pemasaran, KPR iB, Analisis SWOT


Keywords


Bauran Pemasaran, KPR iB, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Affgani, (1 Juni 2018). “Ekonomi Islam Pembiayaan Syariah KPRâ€.

https://affgani.wordpress.com/ekonomi-islam/pembiayaan-bank-syariah-kpr-

Departemen Agama RI. (2003). Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung: CV.

Diponegoro

Kotler & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran, (Ed).13, Jld.1, (Terj).Bob

Sarban MMPT. Gelora Aksara Pratama.

Ridwan (27 Juni 2018). Account Officer BPRS Al Salaam Cabang Bandung.

(Dalfa, Salisa, Interviewer).

Srisusilawati, Popon. (2017). Kajian Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam

Mendorong Keputusan Pembelian Jasa Perbankan. Jurnal Amwaluna

Vol. 12 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.10681

Flag Counter   Â