Analisis Pengaruh Rasio Nilai Pasar Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar Produksi dan Konsumsi yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2013-2016

Dien Sri Widias Putri, Azib Azib, Ifa Hanifia Senjiati

Abstract


Abstrak. Harga saham selalu mengalami fluktuasi, naik turunnya harga saham diikuti dengan kesenjangan yang terjadi pada rasio keuangan salah satunya rasio nilai pasar. Oleh karena itu dilakukan teknik analisis harga saham dengan menganalisis rasio nilai pasar. Terdapat 5 rasio nilai pasar namun hanya dipilih 3 rasio nilai pasar yaitu PER, BVS dan PBV, rasio PER mewakili EPS dan rasio deviden tidak digunkan karena perusahaan tidak memberikan deviden secara berkala. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui perkembangan dan pengaruh rasio nilai pasar terhadap harga saham baik secara simultan maupun parsial pada perusahaan sub sektor perdagangan besar produksi dan konsumsi yang terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2013-2016 . Populasi penelitian ini adalah sebanyak 30 perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) di tahun 2013-2016 dan Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 2 perusahaan yang tercatat di JII dan memenuhi beberapa kriteria yang ditetapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan data sekunder yaitu data yang bersumber dari laporan tahunan perusahaan JII, buku, jurnal, literatur, dokumen dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. .Hasil Penelitian di peroleh bahwa perkembangan rasio nilai pasar dan harga saham pada perusahaan mengalami fluktuasi. Dan pengaruh rasio nilai pasar secara keseluruhan terhadap harga saham pada perusahaan sub sektor perdagangan besar produksi dan konsumsi yang terdaftar di JII periode 2013-2016  adalah berpengaruh secara keseluruhan (simultan). Sedangkan secara parsial PER tidak berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan variabel BV dan PBV berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Kata Kunci : Rasio Nilai Pasar, PER, BVS, PBV, Harga Saham, Jakarta Islamic Index (JII)


Abstract.Stock price will always be fluctuated, the increase and decrease in stock price is followed by the gap in financial ratio such as market value ratio. Hence, the technique of analyzing the stock price is done by analyzing the market value. There are 5 ratios of market value but this research only use 3 of them which are PER, BVS, and PBV. PER ratio represents EPS while devident ratio is not used because the company is not giving the devident periodicly. The purpose of this research is to know the development and the ratio of market value towards stock price either simultan or partial In Sub Sector Trading Company With Large Sale and Consumption Registered In Jakarta Islamic Index During 2013-2016 Period. The population used in this research are as many as 30 companies registered in Jakarta Islamic Index (JII) during 2013-2016 period. The sample of this research are 2 companies registered in JII and fulfilled some of the criterias. The method used in this research is quantitative method. The source data used is secondary which taken from annual report of JII companies, books, journals, literature, documents, and literary study. The data were analysed using a multiple linier regression method. The result of this research shows that the development of market value ratio and stock price is always be fluctuated. And,the effect of market value ratio as a whole towards stock price in sub sector trading company with large production and consumption registered in JII during 2013-2016 period is considered as quite infuential (simultaneous) with.While partially, PER is not influential towards stock price, where in BV variabel and PBV is significantly influential towards stock price.

Key Words : Market Value Ratio,PER,BVS,PBV,  Stock Price, Jakarta Islamic Index (JII)


Keywords


Market Value Ratio,PER,BVS,PBV, Stock Price, Jakarta Islamic Index (JII)

Full Text:

PDF

References


Baroroh,Ali. (2008). Trik Analisis Statistik dengan SPSS.Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Dermawan,Deni. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Filbert Ryan. Analisis dalam Membeli Saham, https://ekonomi.kompas.com/read /2015/04/25/080000026/Begini.Analisis.Gampang.dalam.Membeli.Saham diakses 23 April 2018

Hidayat Taufik. (2011). Buku Pintar Investasi Syariah. Jakarta: Mediakita.

Fathya,Ighra Nurani; Azib, Azib; Senjiati, Ifa Hanifia. (2017).Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental Terhadap Return Saham Syariah (Studi Kasus pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index piode 2014-2016. Skripsi. Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung.

Kusdiyanto. (1996).Analisis Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Bank-Bank Go Publik Di Indonesia. Empirika.

Majelis Ulama Indonesia. (2009). Fatwa Dewan Syariah Nasional No 40/DSN-MUI/X/2003 tentang Pasar modal dan Pedoman Umum Penerapaan Syariah di Bidang Pasar Modal, Himpunan Fatw Dewan Syariah Nasional, Jakarta: PT Intermasa.

Manan,Abdul. (2009). Aspek Hukum Dalam Penyelenggaraan Investasi Di Paasar Modal Sayriah Indonesia.Jakarta: Kencana

Moeljadi.(2006).Manajemen Keuangan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Malang: Bayumedia Publishing.

Sihombing, Gregorius(2008).Kaya dan Pintar Jadi Trader & Investor Saham,Indonesia. Yogyakarta. Cerdas.

Siregar,Sofyan. (2013). Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif dengan Perhitungan Manual SPSS.Jakarta: Bumi Aksara

Susilo,Y.Sri.(dkk). (2000). Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Jakarta, Salemba Empat

Tandelilin,Eduardus.(2010). Portofolio dan Investasi. Yogyakarta. Kanisius.

Tryfino.(2009).Cara Cerdas Berinvestasi Saham.Jakarta: Transmedia Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.10579

Flag Counter   Â