ANALISIS KELAYAKAN KEPUTUSAN BANK TERHADAP PEMBERIAN PEMBIAYAAN MODAL KERJA (MIKRO iB) KEPADA CALON NASABAH PADA BANK BRI SYARIAH KCP SETIABUDI

Cicin Suryani, Asep Ramdan Hidayat, Nunung Nurhayati

Abstract


Pemberian pembiayaan kepada nasabah, merupakan hal yang penting bagi kegiatan usaha perbankan. pemberian pembiayaan pada nasabah menjadi salah satu faktor dalam mendapatkan aset terbesar bagi bank syariah, Sehingga pembiayaan tersebut harus dijaga kualitasnya Risiko pembiayaan bermasalah, dapat diperkecil dengan melakukan analisa kelayakan pembiayaan, yang tujuan utamanya adalah menilai kelayakan modal nasabah, Berdasarkan penilaian ini, bank dapat memberikan tinggi rendahnya resiko yang akan ditanggung. Pembiayaan pada BRI Syariah KCP Setiabudi lebih di dominasi pada permintaan pembiayaan kebutuhan modal kerja, hal ini di dasari karena kebutuhan besar sebuah Usaha terdapat pada modal kerja. Pemberian pembiayaan modal kerja tidak selalu sesuai dengan pengajuan yang calon nasabah ajukan, hal ini dikarenakan pihak bank terlebih dahulu menganalisis kelayakan calon nasabah dengan beberapa faktor.

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, rumusan dan tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Bagaimana kelayakan keputusan Bank dalam Pemberian pembiayaan di Bank BRISyariah KCP Setiabudi? 2).Bagaimana analisa pemberian pembiayaan modal kerja (Mikro iB) calon nasabah,di Bank BRISyariah KCP Setiabudi? 3).Bagaimana Analisis kelayakan keputusan bank terhadap pemberian pembiayaan modal kerja (Mikro iB) kepada calon nasabah Di Bank BRISyariah KCP Setiabudi? Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui jawaban dari masalah yang dirumuskan.

Metode yang di gunakan adalah Deskriptif analisis Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang berhubungan langsung dengan analisa kelayakan pembiayaan bank syariah, pada setiap tahap kategori pembiayaan (Mikro iB).

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Kelayakan keputusan Bank dilakukan dengan dua tahapan analisa pada umumnya di kenal dengan analisa Kualitatif dan analisa kuantitatif, Pemberian pembiayaan Modal Kerja Mikro iB dilakukan dengan 6 tahapan analisa pemberian Modal Kerja. Secara umum penilaian analisa kelayakan keputusan Bank terhadap produk pembiayaan Mikro iB cukup dirasakan baik, pemberian pembiayaan dirasa tepat sasaran, penilaian resiko untuk usaha pertanian, tidak begitu optimal dilakukan sehingga pada Produk Mikro iB ini mayoritas nasabah yang terhambat pembayaran angsuran terbanyak, sekaligus menjadi jenis usaha terbanyak yang ada pada BRISyariah KCP Setiabudi.

 


Keywords


Kelayakan Pembiayaan, Modal Kerja, Bank

References


Adiwarman A karim, Bank Islam Analisis Fiqh Dan Keuangan : Cetakan ketiga, Raja Grafindo, Jakarta,2006.

Arif Rahman Hakim, Analisa Laporan Keuangan Dan Peningkatan Profabilitas Pada AJB Bumiputra Bandung, Bandung 2012.

Ascarya, Akad Dan Produk Bank Syariah, Raja Grafindo Persada,Jakarta,2007.

Darsono Dan Ashari, Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan, ANDI, Yogyakarta, 2004 .

Daud Vicary Abdullah dan Keon Chee, Buku Pintar Keuangan Syariah, Zaman, Jakarta,2012.

Friyanto Pandiya, Lembaga Keuangan, Rineka Cipta ,Jakarta,2005.

Heri Sudarsono, Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi Dan Ilustrasi: Edisi Dua, Ekonosia, Yogyakarta, 2003.

Kasmir. Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya: Edisi Enam, Raja Grafindo Persada, Jakarta 2007.

Martono dan Hartijo, Manajemen Keuangan Dan Perusahaan, Ekonosia, Yogyakarta, 2005.

Muhammad, Manajemen Pembiayaan Bank Syari’ah, UPP AMP YKPN, Yogyakarta, 2005.

Muhammad Syafi’I Antonio, Bank Syariah dari Teori ke Praktik, Gema Insani Press, Jakarta, 2001.

Neni Sri Imaniyati, Perbankan Syariah Dalam Persfektif Hukum Ekonomi, Mandar Maju, Bandung, 2013.

Rachmat Firdaus, Manajemen Dana Bank :Edisi Pertama, STIE INABA, Bandung, 2005

Ramdhan Firmansyah, Analisa Pembiyaan 1 ( Kualitatif), t.t.p, Bandung, 2012

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis : Cetakan Kedelapan, Alfabeta, Bandung 2008

Sutrisno, Manajemen Keuangan,Teori, Konsep Dan Aplikasi, ELPNISIA,Yogyakarta, 2007

Veithzal Rivai dan Arviyan Arifin Islamic Banking Sistem Bank Islam Bukan Hanya Solusi Menghadapi Krisis Namun Solusi Dalam Menghadapi Berbagai Persoalan Perbankan Dan Ekonomi Global, Bumi Raksara, Jakarta, 2010.

Zainul Arifin, Dasar - Dasar Manajemen Bank Syariah: Cetakan Kedua, AL Vaet, Jakarta,2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.1054

Flag Counter   Â