TINJAUAN NILAI-NILAI ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PEMASARAN PRODUK KOSMETIK MUSLIMAH ZOYA DI PT ZOYA FASHION INDUSTRY CABANG BANDUNG

Bunga Chaira Yusra, Asep Ramdan Hidayat, Neneng Nurhasanah

Abstract


Salah satu perusahaan yang memproduksi alat kecantikan dan memiliki segementasi khusus yaitu alat kosmetik bagi muslimah adalah PT Zoya Fashion Industry. Pengembangan dan pemasaran produk alat kecantikan atau kosmetika Muslimah di PT Zoya Fashion Industry Cabang Bandung saat ini memiliki kendala yang salah satunya adalah keterbatasan pemahaman mengenai nilai-nilai pemasaran produk berdasarkan etika bisnis yang bernafaskan Islam. Nilai-nilai etika bisnis yang sesuai dengan ajaran Islam perlu diterapkan secara maksimal, sehingga berimplikasi pada penambahan nilai lebih dari produk-produk Zoya itu sendiri. Di satu sisi potensi pangsa pasar dari produk kecantikan Zoya adalah umat muslim dan muslimah secara khusus sangat besar. Hal ini tentu saja menjadi peluang bagi PT Zoya Fashion Industry untuk meningkatkan penjulan produknya terutama produk Kosmetika Muslimah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pemasaran menurut nilai-nilai etika bisnis Islam, implementasi kegiatan pemasaran produk Kosmetika Muslimah Zoya yang diterapkan di PT Zoya Industry Cabang Bandung, dan tinjauan nilai-nilai etika bisnis Islam terhadap pelaksanaan program pemasaran produk Kosmetik Muslimah Zoya di PT Zoya Fashion Industry Cabang Bandung.

Metode penelitian yang digunakan disini adalah kualitatif deskriptif meneliti pelaksanaan program pemasaran produk Kosmetik Muslimah Zoya di PT Zoya Fashion Industry Cabang Bandung ditinjau dari perspektif nilai-nilai etika bisnis Islam. Tehnik penelitian menggunakan pendekatan kualitatif meninjau sejauh mana kesesuaian pemasaran produk Kosmetik Muslimah Zoya di PT Zoya Fashion Industry Cabang Bandung dengan nilai-nilai etika bisnis Islam.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep pemasaran menurut nilai-nilai etika bisnis Islam berlandaskan pada prinsip keadilan,antarodhin, atta’awun. Implementasi pemasaran produk kosmetik PT.Zoya menerapkan strategi bauran pemasaran terpadu yang sesuai dengan nilai-nilai keadilan, antarodhin,atta’awun. Kegiatan pemasaran produk Kosmetik PT.Zoya telah sesuai dengan nilai-nilai etika bisnis Islam. Hal ini terlihat dari nilai-nilai etika bisnis yang dilakukan di PT.Zoya yang tidak mementingkan pihak perusahaan saja tetapi juga mementingkan kepentingan konsumen.

 


Keywords


Etika, Bisnis, Kosmetika, dan Muslimah

References


Kasmir. Pemasaran Bank. Prenada Media, Jakarta, 2005.

Lukman Fauroni, Etika Bisnis dalam al-Qur’an, (Yogyakarta: Pustaka Pesantren-LKiS, 2006).

M. Quraish Shihab, Etika Bisnis dalam Wawasan al-Qur’an (dalam Jurnal Ulumul Qur’an, No.3/VII/1997).

M. Suyanto, Muhammad Business Strategy and Ethics, Andi Offset, Yogyakarta, 2008.

Muhammad, Etika Bisnis Islam. UPP-AMP YKPN, Yogyakarta tt.

Muhammad bin Ismail Al Bukhari, Shahih Bukhari Kitab Al Buyu’ no.1940, Darul Fiqr, Beirut, 1319 H.

Muhammad bin Yazid Al Quzwaini (Ibnu Majah), Sunan Ibnu Majah Kitabul Ijarah Cetakan ke-4, Al Ilmu, Kairo, 1379 H.

Muhammad Natsir, Metode Penelitian, CV Bumi Aksara, Jakarta, 2000.

Muhammad Yusuf Qardhawi, Norma Dan Etika Ekonomi Islam Cetakan 6, Bumi Aksara, Jakarta, 2006.

Philip Kotler dan Gary Amstrong, Dasar-Dasar Pemasaran. Penerjemah Alexander Sindoro, Edisi ke-9, Jilid 1, Eralangga, Jakarta, 2004.

Philip Kotler, Marketing Management Edisi Terjemahan ke Empat, Erlangga, Jakarta, 2001.

http://www.navelkosmetik.net/paket-exclusive-humairah-kosmetik-islami.html

http://www.shariaheconomics.org/2009/marketing-syariah/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.1049

Flag Counter   Â