Analisis Strategi Pemasaran (Segmenting, Targeting, Positioning) Produk Takafulink Salam Wakaf Pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bandung

Anna Anisa, Zaini Abdul Malik, Eva Misfah Bayuni

Abstract


Abstract. Insurance of wakaf endowments are a gap for sharia insurance to attract community endowments through a combination of insurance products. This potential has been ogled by PT. ATK (PT Takaful Family Insurance) is by issuing insurance wakaf under the name Takafulink Salam Wakaf. There are still many people who do not know the product and many insurance companies that have not implemented this product. In the course of its business, PT. ATK needs marketing efforts to offer products to prospective customers because these products are classified as new and in growth. The formulation of the problem and purpose of this research is to know the concept of marketing strategy of market segmentation, target market and product position, market segmentation, target market and product position product Takafulink Salam Wakaf at PT. ATK Bandung Branch and marketing strategy analysis of market segmentation, target market and product position product Takafulink Salam Wakaf at PT. ATK Branch Bandung. The research method used is qualitative research method. Technique of collecting data in this research is observation, interview and documentation. The results of this study show that: first, market segmentation is the process of dividing the heterogeneous market into several segments that are homogenous in order to more easily in analyzing consumer needs. The target market is an activity that assesses and selects one or more market segments to be entered that have the potential to respond. Product position is a communication strategy related to how society puts a product so that it has a certain assessment. Second, the implementation of product market segmentation Takafulink Salam Wakaf restricts geographically, demographically and psychographically. In determining the product target market Takafulink Salam Wakaf is an employee, upper middle class and urban people. Then for the implementation of product position is to provide services and waivers and many benefits are obtained that the blessing because of insurance while wakaf and a field of reward for the hereafter. Thirdly, market segmentation marketing strategy, target market and product position have not been well implemented and there are still many shortcomings in it, because in the steps to set target market do not apply size and growth potential of segment in which there are organizational resources such as expert and number of distribution outlets to watch out for. So that causes the absence of customers on the product Takafulink Salam Endowments PT. ATK Branch Bandung.

Keywords: Segmenting, Targeting, Positioning, Takafulink Salam Wakaf

Abstrak. Wakaf asuransi menjadi celah bagi asuransi syariah guna menarik wakaf masyarakat melalui gabungan produk asuransi. Potensi ini telah dilirik oleh PT. ATK (PT. Asuransi Takaful Keluarga) yaitu dengan menerbitkannya wakaf asuransi dengan nama Takafulink Salam Wakaf. Masih banyak masyarakat luas yang belum mengetahui produk tersebut dan banyak perusahaan asuransi yang belum menerapkan produk ini. Dalam perjalanan bisnisnya, PT. ATK perlu upaya pemasaran untuk menawarkan produk kepada calon nasabah karena produk ini tergolong produk baru dan dalam masa pertumbuhan. Rumusan masalah dan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep strategi pemasaran segmentasi pasar, target pasar dan posisi produk, pelaksanaan segmentasi pasar, target pasar dan posisi produk produk Takafulink Salam Wakaf pada PT. ATK Cabang Bandung dan analisis strategi pemasaran segmentasi pasar, target pasar dan posisi produk produk Takafulink Salam Wakaf pada PT. ATK Cabang Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, segmentasi pasar adalah proses membagi pasar yang heterogen menjadi beberapa segmen yang bersifat homogen agar dapat lebih mudah dalam menganalisis kebutuhan konsumen. Target pasar adalah kegiatan yang menilai dan memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki yang memiliki potensi untuk memberikan respon. Posisi produk adalah strategi komunikasi yang berhubungan dengan bagaimana masyarakat menempatkan suatu produk sehingga memiliki penilaian tertentu. Kedua, pelaksanaan segmentasi pasar produk Takafulink Salam Wakaf membatasi secara geografis, demografis dan psikografis. Dalam menentukan target pasar produk Takafulink Salam Wakaf adalah pegawai, masyarakat menengah keatas dan orang-orang kota. Lalu untuk pelaksanaan posisi produk yaitu dengan memberi pelayanan dan keringanan serta banyak manfaat yang didapatkan yakni adanya keberkahan karena berasuransi sambil berwakaf dan menjadi ladang pahala untuk di akhirat kelak. Ketiga, strategi pemasaran segmentasi pasar, target pasar dan posisi produk belum dilaksanakan dengan baik dan masih banyak kekurangan di dalamnya, karena dalam langkah-langkah untuk menetapkan target pasar tidak menerapkan ukuran dan potensi pertumbuhan segmen yang di dalamnya terdapat sumber daya organisasi seperti tenaga ahli dan jumlah gerai distribusi yang harus diperhatikan. Sehingga hal tersebut menyebabkan tidak adanya nasabah pada produk Takafulink Salam Wakaf PT. ATK Cabang Bandung.

Kata Kunci: Segmenting, Targeting, Positioning, Takafulink Salam Wakaf


Keywords


Segmenting, Targeting, Positioning, Takafulink Salam Wakaf

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim, 2005, Hukum Perwakafan di Indonesia, Ciputan Press, Ciputat.

Fandi Tjiptono, 2005, Pemasaran Jasa, Bayu Media Publhising, Malang.

I Made Jatra, 2007, Analisis Segmentasi Indonet Cyber Media, Buletin Studi Ekonomi Volume 12 Nomor 2. Diakses Tanggal 3 Januari 2018, Pukul 21.00 wib.

Kasmir, 2004, Pemasaran Bank, Kencana, Jakarta.

Lutfia Nurul Aini, 2009, Analisa Positioning Terhadap Produk Kecantikan “Natasha” Menurut Pandangan Konsumen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal.

Sari Dewi Handayani, Segmentasi Targeting Positioning, Hlm.5-6. Diakses Pada Tanggal 3 Januari 2018, Pukul 21.38 Dari http://saridewihidayani.multiply.com/journal/item/11.

Siska Lis Sulistiani, 2016, Wakaf Polis Asuransi Perspektif Ekonomi Islam Untuk Pemberdayaan Umat, Prosiding Snapp Universitas Islam Bandung.

Sofjan Assauri, 2007, Manajemen Pemasaran, Raja Grafindo, Jakarta.




Flag Counter