Pengaruh Pengetahuan Konsumen (Pengetahuan Produk, Pembelian dan Pemakaian) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sukuk Negara Ritel Sr-007 (Studi Kasus di Bank Syariah Mandiri Cabang Sukabumi)

Tharieq Oneal, Nunung Nurhasanah, Nurdin Nurdin

Abstract


Abstract.  Islamic  banking  nowadays  has  been  god to bridging financing  and investment clients. One of the investment products that people crowded at today is the  Sukuk  Ritel  that issued  by government  with Sharia banking as  one  of the seller  agents. The  Government  will publish the  Sukuk  Ritel SR-007 with 3 years  tenor, Sukuk Ritel  will  be  issued on  March  11, 2015 and expiration  date on March 31, 2018. Sukuk Ritel series SR-007 has been noted at PT. Indonesia Stock  Exchange on  March  12,  2015. An  occurred  anomalies that  regarding the knowledge of   the  consumer are   the  investor   who   just   learned   that the coupon rate sukuk was  higher  than retail will  remove  his  deposits directly as well as move his  savings  to  the  sukuk  ritel without  investigating how  product knowledge is, purchase and usage as in theory. Based  on the description, the problem formulation would  like  to note in this     study     are: the     level     of consumer     knowledge  against products in the  Sukuk Ritel Shariah at Bank Mandiri Branch Sukabumi, the level of decision purchasing product of sukuk ritel at Bank Syariah Mandiri Branch Sukabumi and the  influence of  consumer knowledge products in    Sukuk Ritel  at  Bank  Syariah Mandiri Branch Sukabumi. The  used  Research  method  was  the  quantitative approach  and the  attribute  was  descriptive research analytical. The  used  data sources are primary and secondary data including questionnaire, documentation and library studies. The used data analysis tools was SPSS software 2.0. Based on the response of the respondents which amounted to 44 peoples, found that variable X (Consumer Knowledge) in Bank Syariah Mandiri branch Sukabumi reach72,4% and the variable Y (Purchasing Decisions) reach 62,64%. Based on the results of the statistical tests, found that variable X does not have significant influence towards variable Y due to the value regression amounted 17,024 then correlation coefficient value reach 0,106 and t test count is 0,689 which is smaller than t-table (1,682).

Keyword: Consumer,Product, Sukuk, Bank Syariah Mandiri

Abstrak. Perbankan syariah dewasa ini telah menjembatani para nasabah baik melakukan pembiayaan ataupun investasi. Salah satu produk investasi yang sedang ramai saat ini adalah Sukuk Ritel yang dikeluarkan oleh negara dengan perbankan syariah sebagai salah satu agen penjual. Pemerintah akan terbitkan sukuk ritel SR-007 bertenor 3 tahun, Sukuk ini diterbitkan pada 11 Maret 2015 dan jatuh tempo pada 11 Maret 2018. Sukuk Negara Ritel Seri SR-007 di catatkan di PT Bursa Efek Indonesia pada tanggal 12 Maret 2015. Anomali yang terjadi mengenai pengetahuan konsumen adalah adanya investor yang hanya mengetahui bahwa kupon rate sukuk ritel lebih tinggi dari deposito dengan serta langsung memindahkan tabungannya ke Sukuk Ritel tanpa menyelidiki bagaimana pengetahuan produk, pembelian dan pemakaian sebagaimana pada teori. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah yang ingin diketahui dalam penelitian ini adalah: Tingkat pengetahuan konsumen terhadap produk Sukuk Negara  Ritel  di  Bank  Syariah  Mandiri  KC  Sukabumi,  tingkat  keputusan pembelian produk Sukuk Negara Ritel di Bank Syariah Mandiri KC Sukabumi dan  pengaruh  pengetahuan  konsumen  terhadap  keputusan  pembelian  produk Sukuk Ritel di Bank Syariah Mandiri KC Sukabumi.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan sifat penelitian deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yaitu dengan teknik pengumpulan data kuesioner, dokumentasi dan studi kepustakaan. Alat analisis data yang digunakan adalah software SPSS 2.0. Berdasarkan tanggapan responden yang berjumlah 44 orang, ditemukan bahwa variable X (Pengetahuan Konsumen) di Bank Syariah Mandiri KC Sukabumi  mencapai  angka  72,4%  dan  variable  Y  (Keputusan  Pembelian) memiliki nilai 62,64%. Berdasarkan hasil uji statistik variabel X tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y dengan nilai regresi sebesar 17,024 lalu nilai koefisien korelasi sebesar 0,106 dan uji t hitung sebesar 0,689 yang nilainya lebih kecil dari t-tabel (1,682).

Kata Kunci: Konsumen, Produk, Pembelian, Sukuk, Bank Syariah Mandiri


Keywords


Konsumen, Produk, Pembelian, Sukuk, Bank Syariah Mandiri

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim, Analisis Investasi, Salemba Empat, Jakarta, 2005.

Bilson Simamora, Panduan Riset Perilaku Konsumen, PT Gramedia Pustaka

Utama, Jakarta, 2008.

Eduardus Tandeilin, Portofolio Dan Investasi (Teori Dan Aplikasi), Kanisius, Yogyakarta, 2010.

Jujun S.Suriasumantri, Ilmu Dalam Perspektif, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta,

Sugiyono,Metode Penelitian Bisnis, CV. Alfabeta, Bandung. 2011.

Ujang Sumarwan (peny.), Perilaku Konsumen teori dan penerapannya dalam pemasaran, Ghalia Indonesia, 2000.

Philip Kotler, Manajmen Pemasaran: Jilid 1, Prehallindo, Jakarta, 2002.

Referensi Web

http://www.kemenkeu.go.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v4i1.10352

Flag Counter   Â