PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO LIKUIDITAS TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2008-2012

Dwita Febrylia, Zaini Abdul Malik, Nurdin Nurdin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas yang diwakilkan dengan net profit margin dan current ratio yang termasuk ke dalam rasio likuiditas terhadap perubahan pada harga saham perusahaan baik secara parsial maupun simultan pada enam perusahaan yaitu PT. Semen Indonesia Tbk, PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT. Indosat Tbk,  PT. Gajah Tunggal tbk, PT. Aneka Tambang Tbk dan PT. United Tractor Tbk yang tercatat di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2008-2012.

Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan enam perusahaan periode 2008-2012. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 30 perusahaan yang tercatat di JII. Dengan menggunakan metode purposive sampling didapatkan 6 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk diajadikan sampel pada penelitian ini.  Analisis data menggunakan analisa regresi dan analisa korelasi linier berganda menggunakan SPSS window 20.

Hasil penelitian pengolahan data secara simultan diperoleh bahwa koefesien determinasi 13% dari tingkat perubahan harga saham tidak dipengaruhi oleh rasio net profit margin dan current ratio sedangkan sisanya 87% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan tingkat signifikansi 5% diperoleh nilai Fhitung (2,015) < Ftabel (3,35) maka secara simultan net profit margin dan current ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan pada harga saham perusahaan. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan tingkat signifikasi 5% diperoleh nilai thitung (0,429) < ttabel (2,05183) maka rasio net profit margin tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan harga saham dengan koefisien determinasi hanya 7%. Begitupun hasil uji hipotesis menggunakan tingkat signifikansi 5% diperoleh nilai thitung (-1,935) < ttabel (-2,05183) maka current ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan harga saham dengan koefesien determinasi hanya 11%.

 


Keywords


Rasio Profitabilitas (Net Profit Margin), Rasio Likuiditas (Current Ratio), Harga Saham.

References


Agnes Sawir, Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Agus Sartono, Manajmen Keuangan Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: BPEF, 2001.

Andri Soemitra, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Kencana, 2009.

Bambang Riyanto, Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Gajah Mada University Press: Yogyakarta 1995.

Bastian Indra dan Suhardjono, Akuntansi Perbankan, Edisi 1, Jakarta: Salemba Empat, 2006.

Jogiyanto, Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Yogyakarta: BPFE, Edisi ketiga, 2003.

Khaerul Umam, Pasar Modal Syariah&Praktik Pasar Modal Syariah, Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Robbet Ang, Buku Pintar: Pasar Modal Indonesia, Jakarta: Media Soft Indonesia, 1997.

Sjahrial Dermawan, Pengantar manjamen Keuangan, Edisi Ketiga, Jakarta : Mitra Wacana Media, 2009.

Suad Husnan, Dasar-dasar teori Portopolio dan Analisis Sekuritas, Edisi Kedua, Yogyakarta: UMP AMP YKPN, 1998.

Sunariyah, “Pengantar Pengetahuan Pasar Modal”, Edisi kedua, UUP AMP YKPN, Yogyakarta, 2003.

Tandelilin, Eduardus, Analisis Investasi Dan Manajmen Portofolio, Edisi Pertama, Yogyakarta : BPFE, 2010.




Flag Counter