Penegakan Hukum Pidana terhadap Tindak Pidana Peredaran Narkotika secara Online Dihubungkan dengan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika

Muhamad Taufik Hermawan, Dini Dewi Heniarti

Abstract


Abstract. The illicit circulation of narcotics in Indonesia is a serious and worrying problem because it has spread to various groups in Indonesia targeting the younger generation, and has reached various parts of the region and evenly distributed throughout the social strata of society ranging from low social strata to elite social strata of state officials . The advancement of information and communication technology makes people easier by using technology in the form of online applications, but unfortunately technology development is not used well by some people, because in reality many people use it wrongly, one of which is online shipping services on make it a means of illicit drug trafficking through an online application system. The effectiveness of the narcotics law No. 35 of 2009 was truly tested in the prevention and eradication of drug trafficking, for which the author wrote the title above by raising the issue, namely, Law Enforcement on Narcotics Circulation. The Narcotics Law No. 35 of 2009 in combating and preventing the circulation of Narcotics, how is the criminal law policy to solve problems in Narcotics circulation online / using online applications. To answer this problem, a research method with a normative juridical approach with the nature of the research is descriptive analysis.The type of data used is secondary data for the initial data, which is obtained from legal books and dictionaries, primary data obtained with field data and interviews with relevant agencies such as the Bandung National Narcotics Agency and Bandung Police. Then both secondary data and primary data are obtained by qualitative juridical methods, namely the data obtained is then compiled qualitatively, to achieve clarity of the problems to be discussed, to get conclusions in general or general. From the results of the study to prove the effectiveness of the Narcotics Act No. 35 of 2009 concerning narcotics against online narcotics circulation, the types of crimes committed with the new mode are online, using online applications.

Keywords : Law Enforcement,Narcotics Circulation,online

Abstrak. Peredaran gelap narkotika di Indonesia merupakan masalah yang serius dan mengkhawatirkan karena sudah menjerumus ke berbagai kalangan yang ada di Indonesia dengan sasaran generasi muda, dan telah menjangkau berbagai penjuru daerah dan merata diseluruh strata sosial masyarakat mulai dari strata sosial rendah sampai strata sosial elit sekelas pejabat negara. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membuat masyarakat dipermudah dengan menggunakan teknologi yang berupa aplikasi online, tetapi sayang nya perkembangan teknologi tidak di gunakan dengan baik oleh sebagian orang, karena pada kenyataan nya banyak di salah gunakan oleh sebagian orang, salah satunya adalah jasa pengiriman online yang di jadikan untuk sarana peredaran gelap narkotika melalui sistem aplikasi online. Efektivitas dari undang – undang narkotika no 35 tahun 2009 benar – benar diuji dalam pencegahan dan pemberantasan peredaran narkotika, untuk itu penulis menulis judul tersebut di atas dengan mengangkat permasalahan yaitu, Penegakan Hukum terhadap Tindak pidana peredaran Narkotika. Undang – Undang Narkotika No 35 Tahun 2009 dalam memberantas dan mencegah peredaran Narkotika, bagaimanakah Bagaimanakah kebijakan hukum pidana untuk menyelesaikan masalah dalam peredaran Narkotika secara online / menggunakan aplikasi online. Untuk menjawab dari permasalahan ini digunakan metode penelitian dengan pendekatan secara yuridis normatif dengan sifat penelitiannya bersifat deskriptif analisis. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder untuk data awal, yang mana didapatkan dari buku-buku perundangan dan kamus, data primer diperoleh dengan data lapangan dan wawancara dengan instansi terkait seperti BNN Bandung dan Polrestabes Bandung. Kemudian baik data sekunder maupun data primer diperoleh dengan metode yuridis kualitatif yaitu data yang diperoleh kemudian disusun secara kualitatif, untuk mencapai kejelasan masalah yang akan di bahas, untuk mendapatkan kesimpulan secara general atau umum. Dari hasil penelitian untuk membuktikan efektifitas Undang-Undang Narkotika No 35 tahun 2009 tentang narkotika terhadap peredaran narkotika secara online yang terbilang jenis kejahatan yang dilakukan dengan modus baru yaitu dengan cara online/menggunakan aplikasi online.

Kata Kunci : Penegakan Hukum,Peredaran Narkotika,Online


Keywords


Penegakan Hukum,Peredaran Narkotika,Online

Full Text:

PDF

References


Abintoro Prakoso, Kriminologi Dan Hukum Pidana, Laksbang Pressindo, Yogyakarta, 2017.

AR. Sujono, Bony Daniel, Komentar dan Pembahasan Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Sinar Grafika, Jakarta cetakan pertama, 2011.

Dini Dewi Heniarti, Sistem Peradilan Militer Di Indonesia, PT Refika Aditama, Bandung, 2017.

Gatot Supramono, Hukum Narkoba




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13823

Flag Counter     Â