Pengujian Potensi Antioksidan dan Penetapan Kadar Flavonoid Total Ekstrak Buah Pare (Momordica charantia L)

Syifa Hamidah Liqolbinisa, Endah Rismawati, Livia Syafnir

Abstract


Pare merupakan tanaman yang banyak ditemukan dan dikonsumsi sebagai sayuran oleh masyarakat. Disamping memiliki rasa yang pahit, pare juga memiliki banyak khasiat obat. Kandungan senyawa aktif yang terdapat dalam pare diantaranya flavonoid, saponin, polifenol, momordisin dan kharantin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi antioksidan serta kadar flavonoid total pada ekstrak buah pare (Momordica charantia L). Bahan uji berupa ekstrak pare dibuat dengan metode maserasi menggunakan pelarut etanol 96%. Metode yang digunakan untuk menguji aktivitas antioksidan adalah peredaman radikal bebas DPPH dengan parameter nilai konsentrasi inhibisi 50 (IC50). Dari hasil pengujian, ekstrak buah pare memiliki aktivitas antioksidan yang sangat lemah dengan nilai IC50 1255,17 ppm dan kadar flavonoid total sebesar 0,6%. 


Keywords


Buah pare, Momordica charantia L; Antioksidan; Flavonoid total; DPPH

References


Agoes, Anwar. (2010). Tanaman Obat Indonesia. Jakarta : Salemba Medika.

Agus, L. (2008). Potensi Antioksidan Pare (Momordica Charantia L) Sebagai Antidiabetika Pada Tikus Jantan (Sprague Dewley) Diabetik dengan Induksi Streptozotocin [Laporan Penelitian]. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Pertanian Bogor.

Badarinath el al. (2010). A Review on In-vitro Antioxidant Methods : Comparisons, Correlations, and Considerations. International Journal of PharmTech Research, : 1276-1285.

IG.A Gede. (2009). Isolasi dan identifikasi golongan senyawa toksik dari daging buah pare (Momordica charantia L), Jurnal Kimia FMIPA Universitas Udayana, Vol 3 No 2 : 117-124.

Chang, C.C., Yang., M.H., Wem, H.M., Chern, J.C. 2002. Estimation of Total Flavonoid Content in Propolis by Two Comlpementary Colorimetric Methods. Journal of Food and Drug Analysis, Vol. 10, No.3.

Cronquist, A. (1981). An Integrated System Of Classification Of Flowering Plants. New York : Columbia University Press

Jaya, I.G.N.I.P., Leliqia, N.P.E. dan Widjaja, I.N.K. (2012). Uji Aktivitas Penangkapan Radikal DPPH Ekstrak Produk Teh Hitam (Camellia sinensis (L.) O.K.) dan Gambir (Uncaria gambir (Hunter) Roxb) serta Profil KLT Densitometernya, Jurnal Farmasi Udayana.

Kumar et al. 2010. A Medicinal Potency Of Momordica Charantia. Nalanda College of Pharmacy. Nalgonda, Andhra Pradesh.

Markham, K. R. (1981). Cara Identifikasi Flavonoid. Bandung : ITB.

Ramadhan, Prasetya. (2015). Mengenal Antioksidan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sayuti, Kesuma & Rina Yenrina. (2015). Antioksidan Alami dan Sintetik. Padang : Andalas University Press.

Subahar, Tati. (2004). Khasiat Dan Manfaat Pare Si Pahit Pembasmi Penyakit. Jakarta : Agromedia Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8206

Flag Counter    Â