Uji Khasiat Ekstrak Etanol Bawang Merah (Allium Cepa L.) dalam Mengatasi Osteoporosis pada Mencit Swiss Webster Jantan yang Diinduksi Deksametason

Rizkiana Nur Hidayath, Ratu Choesrina, Sri Peni Fitrianingsih

Abstract


Osteoporosis merupakan penyakit degeneratif dimana 40% kasus yang terjadi pada pria adalah osteoporosis sekunder. Flavonoid yang telah terbukti dapat menjadi agen antiosteoporosis terkandung cukup banyak dalam bawang merah (Allium cepa L.). Penelitian ini bertujuan untuk menguji aktivitas antiosteoporosis dari bawang merah pada mencit yang diinduksi deksametason dengan dosis ekstrak berturut-turut 1,96; 3,92 dan 5,88 g/KgBB dan bagaimana aktifitas antiosteoporosis sediaan uji jika dibandingkan dengan alendronat sebagai pembanding. Hewan uji diinduksi deksametason dosis 0,145 mg/kgBB secara oral selama 30 hari kemudian diterapi dengan sediaan uji selama 20 hari secara oral. Parameter yang diamati adalah kadar serum alkalin fosfat (ALP) pada saat sebelum induksi, setelah induksi dan setelah terapi.  Data dianalisis secara statistik menggunakan ANOVA dan uji lanjutan LSD. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa ekstrak etanol bawang merah (Allium cepaI L.) pada dosis 3,92 g/kgBB dapat meningkatkan kadar serum ALP mencit. Namun, jika dibandingkan dengan alendronat sebagai obat pembanding, aktivitas ekstrak etanol bawang merah dalam mengatasi osteoporosis masih kurang karena nilai signifikansinya kurang dari 0,1.


Keywords


Osteoporosis, Bawang merah, Deksametason, Alkalin fosfatase (ALP), Flavonoid.

References


Dipiro J.T. et al. (2009). Pharmacotherapy Handbook Seventh Edition. The McGraw Hill Inc, New York.

Harsh, Mohan. (2010). Textbook of Pathology Sixth Edition. Jaypee Brothers Medical Publishers Ltd, India, Hal. 834

Isbagio H., 1998. Osteoarthritis dan Arthritis Reumatoid. Perbedaan Patogenesi; Gambaran Klinis dan Terapi. Cermin Dunia Kedokteran.

Matthew Drake T., Bart L. Clarke, Sundeep Khosla. (2008). ‘Bisphosphonates: Mechanism of Action and Role in Clinical Practice’, Mayo Clin Proc, 83(9):1032-1045.

Priyana, Adi. (2007). ‘Peran Pertanda Tulang Dalam Serum Pada Tatalaksana Osteoporosis’, Universa Medicina Vol.26 No.3

Weaver C.M., D. Lee Alekel, Wendy E. Ward, Martin J. Ronis. (2012). ‘Flavonoid Intake and Bone Health’, J Nutr Gerontol Geriatr, 31(3): 239-253.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8046

Flag Counter    Â