Formulasi Sediaan Lipstik dari Pigmen Alami Ekstrak Wortel (Daucus carota L.)

Pany Febriyani, Amila Gadri, Esti Rachmawati Sadiyah

Abstract


Karotenoid merupakan pigmen pada wortel (Daucus carota L.) yang dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami pada sediaan lipstik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan formula sediaan lipstik berkualitas baik dengan ekstrak wortel sebagai bahan pewarnanya. Penelitian diawali dengan ekstraksi berupa maserasi serbuk wortel menggunakan pelarut aseton:metanol (7:3). Selanjutnya dilakukan uji stabilitas pigmen dengan variasi konsentrasi vitamin E dan natrium metabisulfit, optimasi formula dengan variasi konsentrasi paraffin wax dan beeswax, optimasi konsentrasi titanium dioksida serta evaluasi sediaan akhir. Berdasarkan hasil uji stabilitas pigmen, diperoleh konsentrasi terbaik vitamin E dan natrium metabisulfit sebesar 0,001% dan 0,01%. Hasil optimasi formula menunjukkan formula terbaik berdasarkan uji homogenitas, uji titik leleh, uji kekuatan, dan uji oles (Hedonic) adalah formula 1 dengan konsentrasi paraffin wax 7% dan beeswax 8%. Konsentrasi titanium dioksida yang memberikan daya lekat dan intensitas warna terbaik adalah sebesar 0,3%. Hasil evaluasi sediaan akhir menunjukkan bahwa sediaan lipstik yang dibuat tidak menimbulkan adanya reaksi iritasi dan memiliki sifat organoleptis yang stabil selama 28 hari penyimpanan pada suhu 40°C.


Keywords


karotenoid, lipstik, titanium dioksida, beeswax dan paraffin wax

References


Badan Standarisasi Nasional. (1998). SNI 16-4769-1998: Lipstik. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta

Depkes RI. (1985). Formularium Kosmetika Indonesia. Direktorat Jendral POM, Jakarta

Depkes RI. (2000). Parameter Standar Umum Ekstrak Tumbuhan Obat. Direktorat Jendral POM, Jakarta

Harborne, B.J. (1987). Metode Fitokimia: Penuntun Cara Modern Menganalisis Tumbuhan. ITB, Bandung

Ikawati, R. (2005). Optimasi Kondisi Ekstraksi karotenoid Wortel (Daucus carota L.) Menggunakan Response Surface Methodology (RSM). ISSN 1858-2419

Inesa., F, (2016). Pengaruh Komposisi Beeswax dan Paraffin wax Sebagai Basis Terhadap Kekerasan Lipstik Dengan Zat Pewarna Ekstrak Kulit Manggis (Garcinia mangostana L.), [Skripsi]. Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Yogyakarta.

Koswara, S. (2009). Pewarna Alami Produksi dan Penggunaannya. Ebookpangan.com

Lauffer, P.G.I., (1972), Lipsticks, dalam Balsam, M.S., & Sagarin, E., (Eds.), Cosmetics Science and Technology, Second Edition, 365- 390, John Wiley and Sons, Inc., London.

Marjoni, R. 2016. Dasar-dasar Fitokimia. Trans Info Media, Jakarta

Raymon C. Rowe., Paul J Sheskey and Marian E quinn. (2009). Handbook Of Pharmaceutical Excipients, 6th Ed, The Pharmaceutical Press, London.

Sivanantham, (2015). Phytochemical Screening, Characterization, Compound Identification and Separation from Daucus carota L.

Tranggono dan Latifah. (2007). Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Watson, R.R. & Leonard, T.K., (1986). Selenium and Vitamin A, E, and C: Nutrient with Cancer Prevention Properties.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7952

Flag Counter    Â