Karakterisasi Fisik Tablet Klorfeniramina Maleat Kempa Langsung Menggunakan Eksipien Pati Ganyong (Canna indica L) Teresterifikasi

R. A. Cherlly Oktasari, Arlina Prima Putri, Amir Musadad Miftah

Abstract


Penggunaan pati hasil modifikasi khususnya sebagai eksipien dalam bidang farmasi belum banyak dikembangkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengolah pati ganyong yang termodifikasi dengan cara esterifikasi dan mengembangkan penggunaan pati sebagai alternatif eksipien (bahan penghancur) dalam bidang farmasi. Pati dimodifikasi dengan menggunakan asetat anhidrida dengan katalis natrium hidroksida dengan hasil rendemen 98,66%. Pati asetat sebagai eksipien dibuat tablet dengan cara kempa langsung, dimana terdapat lima formula dengan konsentrasi bahan penghancur yang berbeda-beda yaitu diantaranya pati 1500 10%, pati ganyong tampa modifikasi 10%, pati modifikasi 5% - 10%. Hasil menunjukan bahwa tablet yang dibuat  dengan bahan penghancur pati modifikasi dengan konsentrasi 5%-10% memiliki karakteristik yang lebih baik dibandingkan dengan pati tampa modifikasi, hasil uji statistika yang menunjukkan  perbedaan bermakna antara waktu hancur pati tampa modifikasi dan pati modifikasi karena (p<0,05) yaitu 0,000 (pati tampa modifikasi 10%) dan 0,000 (pati modifikasi 5%-10%) maka H1 diterima. Formula dengan pati modifikasi menghasilkan tablet dengan karakteristik yang memenuhi syarat.


Keywords


Pati ganyong, esterifikasi, pati asetat, eksipien, tablet.

References


Amini, H.W et. al. (2004). Modifikasi Pati Umbi Ketela Pohon (Manihot esculanta) Dengan Cara Esterifikasi Menggunakan Asam Asetat Dengan Bantuan Ultrasonikasi. Jurusan Kimia.[skripsi] Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Brawijaya, Malang.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (1995). Farmakope Indonesia edisi IV. Jakarta: Depkes RI

Heyne, k. (1988). Tumbuhan Berguna Indonesia I. Jakarta: Badan Litbang Kehutanan.

Koswara. (2006). Teknologi Modifikasi Pati. Ebook Pangan.

Lachman, L., Herbert, A.L. dan Joseph, L.K. (1994). Teori dan Praktek Farmasi Industri, Edisi III. Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Putri, A. P., Annisa. A., Aprilia, H. (2016) . Pembuatan dan Karakterisasi Pati Asetat dari Umbi Ganyong (Canna indica L), Universitas Islam Bandung, Bandung

Singh, A. V., et. al. (2010). Pharmaceutical Food and non-food Appliction Modified Starces: A Critical Review. Departement Of Pharmaceutical Sciences. Dibrughrarh Universit, India.

Sukarsa, Entjo. (2010). Tanaman Ganyong. Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang. (htto://www/bbpp-lembang.info/) Diakses pada 4 Desember 20016.

Utami, O. (2009). Peningkatan Mutu Pati Ganyong (Canna edulis Ker) Melalui perbaikan proses Produksi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Xu, Y. et. al. (2004). Shyntesis and Characterization of Starch Acrtates with Highh Subtitution. Americn Association of Cereal Chemists, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7884

Flag Counter    Â