Optimasi Formula Sediaan Lipstik dengan Kombinasi Basis Beeswax dan Carnauba Wax Menggunakan Metode SLD (Simplex Lattice Design)

Wievi Werstanti Kuswana, Amila Gadri, Anan Suparman

Abstract


Sifat fisik lipstik ditentukan dari basisnya yaitu wax. Wax yang sering digunakan dalam teknologi pembuatan lipstik adalah beeswax dan carnauba wax. Beeswax harus dikombinasi dengan basis wax lain agar permukaan lipstik tidak kasar, bergranul, dan kusam. Penelitian ini bertujuan mendapatkan formula terbaik sediaan lipstik dengan kombinasi basis beeswax dan carnauba wax yang memenuhi persyaratan farmasetika. Delapan formula lipstik dengan variasi basis beeswax dan carnauba wax dievaluasi sifat fisiknya meliputi kekuatan, kesukaan, dan titik leleh. Formula optimum diperoleh dengan metode simplex lattice design. Hasil evaluasi dianalisis dengan bantuan perangkat lunak Design-Expert® 10. Verifikasi formula optimum dilakukan dengan evaluasi kembali sifat fisik lipstik kemudian dianalisis dengan metode t-satu sampel dan mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lipstik dengan formula optimum dengan kombinasi basis beeswax dan carnauba wax masing-masing sebesar 7,63% dan 15,37% menghasilkan sifat fisik sediaan meliputi kekuatan 367 gram, kesukaan 73,8%, dan titik leleh 60,8°C. Sediaan lipstik yang dibuat homogen, berwarna ungu, mudah dioleskan, memiliki pH 6,5, dan tidak menyebabkan iritasi berdasarkan metode patch test sehingga aman untuk digunakan.

Keywords


Lipstik, Beeswax, Carnauba Wax, Simplex Lattice Design

References


Agoes, Goeswin. 2015. Sediaan Kosmetik. Bandung: Penerbit ITB.

Bolton, S., Bon, C. 2004. Pharmaceuticals Statistics, Practical and Clinical Applications Fourth Edition, Revised and Expanded. New York: Marcel Dekker, Inc.

Menteri Kesehatan RI. 2010. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 1176/Menkes/Per/VIII/2010. Tentang Notifikasi Kosmetik.

Tranggono, R. I., dan Latifah, F. 2007. Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Jakarta: Penerbit Pustaka Utama.

Barel, A. O., Paye, M., and Maibach, H. I. 2001. Handbook of Cosmetic Science and Tecnology. New York: Marcel Dekker, Inc.

Wasitaatmadja, S. M. (1997). Penuntun Ilmu Kosmetik Medik. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Williams, D. F. 2002. Chemistry and Manufacture of Cosmetics, Vol. 3, Book 2, Allured Publishing Corp., Carol Steam, IL.

Chang, R. 2004. Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti Jilid I, Edisi Ketiga, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Badan Standarisasi Nasional. 1998. SNI 16-4769-1998: Lipstik. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Felisia, Ira. 2016. Pengaruh Komposisi Minyak Jarak dan Lanolin sebagai Basis Terhadap Sifat Fisik dan Stabilitas Lipstik dengan Pewarna Ekstrak Kulit Buah Manggis (Garcinia mangostana L.). Yogyakarta: Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7541

Flag Counter    Â