ANALISIS KUALITATIF TIMBAL (Pb) PADA BERBAGAI JENIS MAKANAN YANG DIJUAL DI SEKITAR KAMPUS UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG DENGAN METODE REAKSI WARNA

Nandrie Suhariady, Nety Kurniaty, Hilda Aprilia

Abstract


Timbal (Pb) adalah logam berat yang dapat meracuni lingkungan dan mempunyai dampak pada seluruh sistem di dalam tubuh. Timbal (Pb) dapat masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan, makanan dan minuman serta absorbsi melalui kulit. Kontaminasi timbal (Pb) di dalam makanan dapat berasal dari udara yang sudah tercemar oleh asap kendaraan bermotor.

Pada penelitian ini telah dilakukan analisis kualitatif timbal pada berbagai jenis makanan yang dijual di sekitar kampus Universitas Islam Bandung dengan metode reaksi warna. Uji kualitatif sampel makanan dilakukan dengan penambahan ditizon sehingga membentuk kompleks Pb-ditizonat yang berwarna merah tua. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sampel makanan yang dijual di sekitar kampus Univesitas Islam Bandung tidak terkontaminasi timbal (Pb).

Keywords


Timbal (Pb); Makanan jajanan; Ditizon; Uji Kualitatif

References


Azizah, E.F, dkk. 2013. Penentuan Kadar Logam Timbal Menggunakan Destruksi Ultrasonik Secara Spektroskopi Serapan Atom, Green Technology 3, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang, Malang, 128.

Bassett, J., et. al. 1994. Buku Ajar Vogel: Kimia Analisis Kuantitatif Anorganik Edisi 4. Alih bahasa A. Hadyana P., L. Setiono, Jakarta : EGC.

Hamzah, B. 2002. Penggunaan 1,10-Fenantrolin Sebagai Zat Penopeng Pada Ekstraksi Kadmium Dengan Ditizon, Marina Chimica Acta,Oktober 2002, 13-15.

Hidayat, S. 2007. Pengaruh Penambahan KOH Sebagai Zat Penopeng (Masking Agent) Pada Ekstraksi Timbal-Ditizon Dalam Kloroform [Skripsi], Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Semarang, 14.

Hidayati, E.N. 2013. Perbandingan Metode Destruksi pada Analisis Pb Dalam Rambut Dengan AAS [Skripsi], Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Semarang, 29.

Khopkar, S.M. 1990. Konsep Dasar Kimia Analitik, terjemahan A. Saptopraharjo, Universitas Indonesia Press, Jakarta, 27-32, 90-108, 225-228.

Lubis, H., dan Aman, C. 2008. Pemeriksaan Kandungan Logam Merkuri, Timbal, dan Kadmium dalam Daging Rajungan Segar yang Berasal dari TPI Gabion Belawan Secara Spektrofotometri Serapan Atom, Majalah Kedokteran Nusantara, Vol. 41, No. 1, 42.

Marbun, N.B. 2009. Analisis Kadar Timbal (Pb) pada Makanan Jajanan Berdasarkan Lama Waktu Pajanan yang Dijual Di Pinggir Jalan Pasar I Padang Bulan Medan Tahun 2009 [Skripsi], Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara, Medan, 15, 49-51.

Palar, H. 1994. Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat, Rineka Cipta, Jakarta, 140.

Prasetyorini, Wardatun S. 2011. Analisis Kandungan Timbal, Tembaga Dan Arsen Pada Daun Kangkung (Ipomoea aquatica) yang Dijual Di Tempat yang Berbeda Dengan Metode Spektrofotometri Serapan Atom, Ekologi, Vol. 11, No. 2, 31-35.

Suksmerri. 2008. Dampak Pencemaran Logam Timah Hitam (Pb) Terhadap Kesehatan, Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. Maret-September, No. 2, 200-202.

Yamlean, P.V.Y. 2011. Identifikasi Dan Penetapan Kadar Rhodamin B Pada Jajanan Kue Berwarna Merah Muda yang Beredar Di Kota Manado, Jurnal Ilmiah Sains, Vol. 11, No. 2, 209.




Flag Counter