Uji Efektivitas Ekstrak Daun Wungu (Graptophyllum pictum (L.) Griff) Sebagai Penyembuh Luka

Rita Andiyani, Umi Yuniarni, Dina Mulyanti

Abstract


Daun wungu (Graptophyllum pictum (L.) Griff ) secara empiris memiliki aktivitas dalam penyembuhan luka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui khasiat sebagai penyembuhan luka dan mengetahui konsentrasi ekstrak daun wungu yang efektif dalam penyembuhan luka terbuka. Ekstrak daun wungu diperoleh dari proses maserasi dengan etanol 95%. Ekstrak diberikan secara topikal dalam tiga tingkatan konsentrasi yaitu 5%, 10%, dan 15%. Ekstrak diujikan terhadap luka dengan diameter 1,5 cm pada punggung tikus dan luka diobati dua kali sehari. Kontrol positif yang digunakan adalah propilenglikol, kontrol negatif luka didiamkan, sedangkan kelompok pembanding yaitu Povidon Iodin. Data kuantitatif diuji secara statistik menggunakan ANOVA (Analysis of Variant) dan uji LSD (Least Significant Different).Hasil penelitian menunjukan ekstrak daun wungu dapat mempercepat penyembuhan luka yang efektif pada tikus putih jantan konsentrasi 10% dan 15%.

Keywords


ekstrak,daun wungu ( Graptophyllum pictum (L.) Griff) , penyembuh luka, tikus putih jantan

References


Departemen Kesehatan Republik Indonesia (2008). Daun Ungu (Graptophyllum Pictum (L) Grifff), dalam Warta Tumbuhan Obat Indonesia, Volume 14, Nomor 2, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Bogor.

Ozaki Y, S. Setsuko,S. Soedigdo,M.Harada.Antiinflamatory effect of Graptophyllum pictum (L.) Griff; dalam Chemical and Pharmaceutical Bulletin,1989:37(100:2799-2802.

Tanjungpura, Pontianak.

Raristi, Asa. (2014). ‘Uji Aktivitas Ekstrak Etanol Biji Pinang (Areca

catechu L.) Terhadap Penyembuh Luka Sayat Pada Tikus Putih (Rattus norvegicus) Jantan Galur Wistar’, Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Soewolo, dkk. (2003). Fisiologi Manusia, Malang, Universitas Negeri Malang Press.

Sumarny, R.,Yuliandini dan Rohani M. (2013). ‘Efek Antiinflamasi dan Anti-Diare Ekstrak Etanol Herba Meniran (Phylanthus niruri L.) dan Daun Ungu (Graptophyllum pictum l.Griff)’, Fakultas Farmasi Universitas Pancasila, Jakarta.

Suriadi (2007): Manajemen Luka. STIKEP Muhammadiyah. Pontianak.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1923

Flag Counter    Â