Pengaruh Pemberian Ekstrak Jamur Kuping Hitam terhadap Penurunan Kadar Kolesterol Mencit Swiss Webster Jantan

Herni Pratiwi Puspitasari, sri peni fitrianingsih, lanny mulqie

Abstract


Dewasa ini pola hidup dan pola makan yang tidak sehat menyebabkan semakin banyaknya masyarakat yang menderita berbagai penyakit salah satunya penyakit hiperkolesterolemia. Hiperkolesterolemia adalah keadaan dimana terjadi peningkatan kadar kolesterol total yang disertai dengan meningkatan kadar kolesterol LDL plasma dalam keadaan puasa. Obat antihiperkolesterol biasanya digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol plasma tetapi obat tersebut memiliki efek samping yang merugikan sehingga dilakukan penelitian mengenai pengaruh pemberian ekstrak jamur kuping hitam terhadap penurunan kadar kolesterol. Pengujian aktivitas antihiperkolesterolemia jamur kuping hitam dilakukan selama 35 hari dengan pemberian induksi secara eksogen dengan menggunakan pakan diet tinggi lemak selama 21 hari dan pemberiaan sediaan ekstrak jamur kuping hitam dengan dosis 2 gram/Kg BB serta pembanding simvastatin dengan dosis 1,3 mg/Kg BB selama 14 hari. Hasil pengukuran kadar kolesterol dan analisis statistika menunjukkan bahwa induksi hiperkolesterol selama 21 hari berhasil meningkatan kadar kolesterol secara bermakna (p<0,05) dan pemberian sediaan ekstrak jamur kuping hitam dan pembanding simvastatin selama 14 hari dapat menurunkan kadar kolesterol secara bermakna (p<0,05) dengan menggunakan Paired sampel T Test.

Keywords


Jamur kuping hitam, antihiperkolesterolemia, induksi eksogen

References


Almatsier, S. 2002. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Andriani, Y. 2007. Uji Aktioksidan Ekstrak Betaglukan dari Saccharomyces cerevisiae Jurnal Gradient. Januari 2007, Vol. 3, No. 1, pp. 226 – 230

Citrakesumasari. 2009. Model Prediksi Suspek Penyakit Jantung Koroner. Sumatera Utara: Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara

Departemen Farmakologi dan Terapi. 2007. Farmakologi dan Terapi Edisi 5, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Gaya Baru, Jakarta.

Djarijah. 2001. Budi Daya Jamur Kuping, Kanisius, Yogyakara.

Tjay, T. H. dan Rahardja, K. 2013. Obat-Obat Penting : Khasiat, Penggunaan, dan Efek-Efek Sampingnya, Edisi keenam, cetakan ketiga. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Wijaya, S. 2014. The Secret Of Jamur. FlashBooks, Yogyakarta.




Flag Counter