Identifikasi Penerapan Etika Bisnis Islam pada Pedagang Fasion Busan Muslim di Pasar Baru Trade Center

Fajri Futuh Rachman, Susilo Setyawan, Dewi Rahmi

Abstract


Abstract. Islamic Business Ethics is a set of norms and rules that govern for a business can run properly. Given the competition will always be in business, therefore Islamic business ethics is needed to maintain order in business in order to avoid violations of ethics and business is always lived in accordance with Islamic norms. Pasar Baru Trade Center is one of the objects where business activities run very tight. This fierce market competition condition has greater potential for ethical violations in its business practices. The objective of the study was to identify whether Muslim fashion traders in the Pasar Baru Trade Center have applied Islamic business ethics in conducting their business practices or not. The method used is descriptive analysis with quantitative approach. The data collection is done through the distribution of questionnaires to the Muslim fashion traders in Pasar Baru Trade Center and chosen according to the criteria that have been determined by the researcher and the data processing is done by using Likert scale. Identification techniques using Tawhid as the main umbrella to measure 4 variables of Islamic business ethics principles consisting of Shiddiq, Amanah, Fathanah, and Tabligh. The results showed that Tauhid correlated positively with the application of the concept of business ethics and it can be concluded that Muslim fashion traders in Pasar Baru Trade Center have applied Islamic business ethics in running their business. This is evidenced by the high index value at the value of Tauhid that is 89.9% (very High) which affects the high application of each variable in the study, ie 83% (Very High), 84.2% (Very High) fathanah 82,7% (Very High), and tabligh 79,2% (Height). Thus it can be concluded that although business competition in Pasar Baru Trade Center is tight, the fashion traders of Muslim fashion there do not commit ethical violations and still apply the principles of Islamic business ethics in running its business.

Keywords: Islamic Business Ethics, Traders, New Market Trade Center

 

Abstrak. Etika Bisnis Islam merupakan suatu perangkat norma dan aturan yang mengatur agar suatu bisnis dapat berjalan dengan baik.Mengingat persaingan akan selalu ada dalam bisnis, oleh karena itu etika bisnis Islam sangat dibutuhkan untuk menjaga keteraturan dalam berbisnis agar tidak terjadi pelanggaran etika dan bisnis yang dijalani selalu sesuai dengan kaidah-kaidah Islami. Pasar Baru Trade Center merupakan salah satu objek dimana kegiatan bisnis berjalan dengan sangat ketat. Kondisi persaingan pasar yang ketat ini memiliki potensi yang lebih besar untuk terjadinya pelanggaran-pelanggaran etika dalam praktek bisnisnya. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi apakah para pedagang fashion busana muslim di Pasar Baru Trade Center telah menerapkan etika bisnis Islam dalam menjalankan praktek bisnisnya atau belum. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada para pedagang fashion busana muslim di Pasar Baru Trade Center dan dipilih sesuai kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan skala likert. Teknik identifikasi menggunakan Tauhid sebagai payung utama untuk mengukur 4 variabel prinsip etika bisnis Islam yang terdiri dari Shiddiq, Amanah, Fathanah, dan Tabligh. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Tauhid berkorelasi positif dengan penerapan konsep etika bisnis dan dapat disimpulkan bahwa pedagang fashion busana muslim di Pasar Baru Trade Center telah menerapkan etika bisnis Islam dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini dibuktikan dengan nilai indeks yang tinggi pada nilai Tauhid yakni sebesar 89,9% (sangat Tinggi) yang berdampak kepada tingginya penerapan setiap variabel dalam penelitian, yakni shiddiq 83% (Sangat Tinggi), amanah 84,2% (Sangat Tinggi), fathanah 82,7% (Sangat Tinggi), dan tabligh 79,2% (Tinggi). Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa meskipun persaingan bisnis di Pasar Baru Trade Center ketat, para pedagang fashion busana muslim disana tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran etika dan tetap menerapkan prinsip etika bisnis Islam dalam menjalankan bisnisnya.

Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Pedagang, Pasar Baru Trade Center


Keywords


Etika Bisnis Islam, Pedagang, Pasar Baru Trade Center

Full Text:

PDF

References


Amalia, Fitria. 2013. Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi Pada Pelaku Usaha Kecil. Jurnal Ekonomi Islam.

Elida Elfi Barus, Nuriana. 2016. Implementasi Etika Bisnis Islam (Studi Pada Rumah Makan Wong Solo Medan). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam. Volume 02 Nomor 02.

Hadi, Samsul. 2007. Etika Bisnis Islam (Studi Tentang Pemasaran Produk Murabahah dalam Perspektif Etika Bisnis Islam pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang. Jurnal Ekonomi Islam.

Khilis, Nathalia. 2016. Etika Bisnis Bagi Perusahaan. Jurnal Ekonomi Manajemen

Norvadewi. 2012. Bisnis Dalam Perspektif Islam (Telaah Konsep, Prinsip, dan Landasan Normatif). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 01 Nomor 01.

Rutmaitah, Resty Faidha. 2012. Etika Dalam Berbisnis. Jurnal Ekonomi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9994

Flag Counter    Â