Implementasi Etika Bisnis Pada Akad Jual Beli Istishna (PreOrder) di Usaha Sparepart Motor Custom Kota Bandung
Abstract
Perekonomian Kota Bandung ditopang oleh sektor-sektor ekonomi yang cukup berkembang. Letak yang stategis dari Kota Bandung berdampak pada perkembangan sektor sektor ekonomi di Kota Bandung. Sektor unggulan Kota Bandung yaitu sektor industry yang meliputi aktivitas ekonomi yang mencakup industri formal, industri informal, dan industri rumah tangga/perseorangan. Sektor industri perseorangan dan rumah tangga merupakan sektor yang berkembang dan membantu tingkat perekonomian Kota Bandung. Salah satunya adalah Usaha sparepart motor custom. Jumlah pelaku usaha yang berada di Kota Bandung hanya berjumlah 14. Tetapi masih ada banyak pelaku usaha yang tidak terdata di Kota Bandung. Ini artinya masih banyak pelaku usaha rumahan sparepart motor custom yang ada di Kota Bandung yang tentunya belum memiliki izin dagang (brevet). Penjualan sparepart motor custom pada umumnya bersifat preorder(istishna), yaitu merupakan suatu sistem penjualan di mana seorang penjual menerima order atas suatu produk dengan pesanan barang terlebih dahulu dan memberikan pesanan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan diawal perjanjian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Dengan adanya penelitian ini maka diharapkan pelaku usaha makanan olahan bisa mengetahui gambaran tentang bagaimana cara beretika bisnis dengan menggunakan akad istishna/sistem pre order yang benar menurut islam yang mendasari lima pilar yaitu shiddiq, amanah, tabligh, fathanah dan istiqamah. Kesimpulannya pelaku usaha harus bisa menjalankan kelima pilar tersebut kedalam bisnisnya, karena untuk berbisnis tidak hanya mencari keuntungan semata akan tetapi untuk mencari ke ridhaan Allah swt.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alfarisi, S. 2016. Analisis Hukum Islam Terhadap Jual Beli Dengan Cara Preorder Di Toko
Tanjung Sport: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, (Online)
Al-Quran dan terjemahannya, 2006. Bandung: penerbit Jumatul Ali-ART
Amalia, F. 2012. Implementasi Etiks Bisnis Islam Pada Pedagang Di Bazar Madinah Depok
Amalia, F. 2013. Etika Bisnis Islam dan Implementasi Pada Pelaku Usaha Kecil.
Aprianto, A. 2016. Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Usaha Mikro Kecil Makanan
Olahan di Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang:
Universitas Islam Bandung
Fahma, R. 2014. Praktek Jual Beli Preorder di Toko Online Comfortable Clothing Siduarjo,
Fitriana, S. 2014. Pengaruh Pemahaman Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Pedagang
Muslim Dalam Menghadapi Persaingan Usaha. (Studi Kasus Pedagang Muslim Desa
Sungai Danau).
Hanifah, H. 2014. Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Usaha Kerajinan Kelom Gelis Di
Kecamatan Tamansari Kota Tasik Malaya. Bandung: Universitas Islam Bandung
Juwita, A. 2016. Implementasi Etika Bisnis Islam Dari Pedagang Ayam Potong di Pasar
Kosambi Kecamatan Sumurbandung Kota Bandung:Universitas Islam Bandung
Kota Bandung Dalam Angka, 2016
Latifah, L. 2014. Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Tingkat Profitabilitas
Rumah Yoghurt Berdasarkan Perspektif Karyawan. Malang:
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim,
Mujaitun, S. 2013. Jual Beli Dalam Perspektif Islam, Salam Dan Istishna.
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,
Syaifullah. 2014. Etika Jual Beli Dalam Islam.
https://beritagar.id/artikel/laporan-khas/mengenal-kustom-kulture-dan-perkembangannya-di-tanah-air
http://www.ahmadzain.com/read/karya-tulis/335/hukum-akad-istis%7Dna%3E%27%20/.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8563
  Â