Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Kelontong di Pasar Pangalengan Kabupaten Bandung

Lilis Nurhayati, Dewi Rahmi, Noviani Noviani

Abstract


Penduduk di Kecamatan Pangalengan memiliki berbagai macam potensi dan mata pencaharian. Tiga sektor unggulan yang menjadi mata pencaharian penduduk di Kecamatan Pangalengan adalah sektor pertanian, perdagangan dan jasa. Peran sektor perdagangan cukup berpengaruh besar di Kecamatan ini, dan Desa pangalengan menjadi satu-satunya desa yang memiliki pasar tradisional karena terletak di pusat Kecamatan Pangalengan, sehingga sebagian besar mata pencaharian penduduk Desa Pangalengan  adalah pedagang. Banyaknya pedagang kelontong mengakibatkan tingginya tingkat persaingan usaha. Untuk memenangkan persaingan usaha maka para pedagang akan melakukan berbagai upaya agar dapat bertahan didalam persaingan pasar dan tetap mendapatkan keuntungan, baik yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat maupun agama. Dalam islam Rasulullah saw telah mencontohkan bagaimana berbisnis sesuai dengan  syariat islam. Ada bebrapa sifat-sifat Rasulullah saw yang diterapkan dalam kegiatan bisnis, yaitu: Shiddiq, Amanah, Fathanah, Tabligh dan Istiqamah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifiksai bagaimana Implementasi Etika Binis Islam dalam prinsip Shiddiq, Amanah, Fathanah, Tabligh dan Istiqamah dari pedagang kelontong di Pasar Pangalengan Kabupaten Bandung. Metode dalam penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuisioner. Teknik pengumpulan data menggunakan pendekatan populasi dengan jumlah populasi sebanyak 88 responden. Hasil penelitian ini menenukan bahwa dari semua indikator yang telah diukur yang paling menonjol adalah aspek Shiddiq dan Istiqamah. Karena para pedagang kelontong sebisa mungkin berkomitmen mempertahankan kepercayaan konsumen dalam kualitas sehingga jangan sampai mengecewakan konsumen. Dan indikator yang  harus diperbaiki adalah aspek Fathanah. Karena masih terdapat pedagang yang masih kurang dalam penerapan etika bisnis Islam, terutama dalam meningkatkan strategi penjualan. Meskipun masih banyak yang harus diperbaiki, namun secara garis besar para pedagang kelontong telah menerapkan etika bisnis Islam dalam usahanya meskipun masih jauh dari sempurna. 


Keywords


etika bisnis islam, shiddiq, amanah, tabligh, fathanah dan istiqamah

References


Ayu Juwita “Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Ayam Potong Di Pasar Kosambi Kecamatan Sumurbandung Kota Bandungâ€




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8548

Flag Counter    Â