Efektivitas Sertifikasi Guru SMA Negeri terhadap Peningkatan Kondisi Sosial Ekonomi Guru di Kota Bandung

Nurfitriani Lestari, Noviani Noviani, Aan Julia

Abstract


Abstract: Human development is a paradigm of development that places man as the focus and objectives of the end of the whole development activities which include improving the quality of education. The teacher is a person who is born into the world education directly in field as it pertains to the process of teaching and learning then the teacher should have a wide range of professional characteristics. One of the policies undertaken by the Government is to provide certification to the teacher. The magnitude of the teacher certification is of one times base salary that is expected to improve the socioeconomic conditions of the teachers. This research aims to know the effectiveness of high school teacher certification of the country towards the improvement of socio-economic conditions of the teacher in the city of Bandung. Research methods using the mix method i.e. combining qualitative and quantitative analysis. Engineering data collection using a detailed questionnaire and interview. Data analysis using the likert scale. Research results showed the effectiveness of teacher certification to increased socio-economic condition of the country high school teacher in the city of Bandung was already effective, both from the education variable percentage reaches 81.65 percent had been very effective, effective 57.53 percent residential, leisure 66.14 percent effective, consumption and savings 66.80 percent effective 68.93 effective.

Abstrak: Pengembangan manusia merupakan paradigma pembangunan yang menempatkan manusia sebagai fokus dan sasaran akhir dari seluruh kegiatan pembangunan yang didalamnya termasuk meningkatkan kualitas pendidikan. Guru merupakan orang yang menggeluti dunia pendidikan secara langsung dilapangan karena berkaitan dengan proses belajar mengajar maka guru harus memiliki berbagai karakteristik professional. Salah satu kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah yaitu dengan sertifikasi guru. Besarnya sertifikasi guru adalah sebesar satu kali gaji pokok yang diharapkan mampu emningktkan kondisi sosial ekonomi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sertifikasi guru SMA Negeri terhadap peningkatan kondisi sosial ekonomi guru di Kota Bandung. Metode penelitian menggunakan mix methode yaitu menggabungkan analisis kualitatif dan kuantitaif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Analisis data menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan efektifivitas sertifikasi guru terhadap peningkatan kondisi sosial ekonomi guru SMA Negeri di Kota Bandung sudah Efektif, baik dari variabel pendidikan yang persentasenya mencapai 81,65 persen sudah sangat efektif, perumahan 57,53 persen efektif, waktu luang 66,14 persen efektif, konsumsi 66,80 persen efektif dan tabungan 68,93 efektif.


Keywords


Effectiveness, Teacher Of Certification, High School, Social Economy

References


A.McEachern, William. (2001) Pengantar Ekonomi Mikro . Jakarta: Salemba Empat.

Abdulah,Taufik (2006). Ilmu Sosial dan Tantangan Zaman . Jakarta: PT Raja Grafindo Utama.

Amaliah,Ima. (2004). Pengaruh Pembangunan Manusia terhadap Kinerja Ekonomi Dati II Di Jawa Barat, 1999-2003. Jurnal Terakreditasi Dikti Nomor 23a/DIKTI/Kep./2004. Diakses melalui http://ejournal.unisba.ac.id, Pada tanggal 3 Desember 2016.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. (2015). Pendidikan Jawa Barat. Diakses melalui https://jabar.bps.go.id/, Pada tanggal 19 November 2016

Hidayatullah.(2016). Ibu Guru Di Ciamis Menggugat Cerai. Diakses melalui http://www.hidayatullah.com/,Pada tanggal 15 November 2016

Mankiw N. Gregory. (2006). Teori Makro Ekonomi. Edisi ke-6 Jakarta: Erlangga.

Mulyasa, E.Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru Bandung: RemajaRosdakarya.2007

Oemar Hamalik. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Patta.Devyanti.(2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi IPM Di Sulawesi Periode 2001-2010.Sulawesi Selatan. Diakses melalui http://repository.unhas.ac.id, pada tanggal 15 November 2016

Soekanto,Soerjono.(2012). Sosiologi Suatu Pengantar.Jakarta:Raja Grafindo Persada

Todaro.P.Michael.(2000). Pembangunan Ekonomi Dunia Ketiga. Edisi ke tujuh.Jakarta: Erlangga

Wikipedia .(2016). Pendidikan. diakses melalui https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan 2016, Pada tanggal 20 November 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5907

Flag Counter    Â