Preferensi Orang Tua terhadap Pemilihan Sekolah Dasar Berbasis Islam atau Umum di Kabupaten Sumedang

Dewi Silvia Pusdikasari, Aan Julia, Noviani Noviani

Abstract


Abstract: Education is the most important necessity not only for individual but also for the advancement of an institution, society, and nation. Education is needed to build community empowerment erudite formed in critical community which also functioned as strong foundation to lead economic growth in the future. This research aims to determine parents preference in selecting islamic or public -based elementary school. To find out the consideration of parents in selecting schools, this research used validity test. Sample technic used is random sample by surveying 80 respondents. Method used in this research is data collecting method using qualitative approachment. Researcher spreaded quesioner and direct interview by asking questions in quesioner to respondents to get accurate and trusted primary data. Qualitative data in this research used analysis method and and also measured by Likert Scale. Result of the research showed that determinaton factors for parents in selecting school consisted of 6 factors which are community purchasing power,  quality, location, curriculum, religion, and price. Parents with higher education put more attention in selecting school for their children viewed from the quality of the school and its facilities. They also considered school with more religious content without worrying of the school cost.

Abstrak: Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting tidak hanya untuk suatu individu, namun juga untuk kemajuan suatu lembaga, masyarakat dan juga tentu untuk negara. Pendidikan bukan saja penting untuk membangun pemberdayaan masyarakat terpelajar yang menjelma dalam wujud masyarakat kritis, tetapi juga dapat menjadi landasan yang kuat untuk memacu  pertumbuhan ekonomi kedepannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi orang tua dalam memilih sekolah dasar berbasis islam atau umum. Untuk mengetahui faktor pertimbangan orang tua dalam memilih sekolah, dalam penelitian ini menggunakan pengujian validitas. Teknik pengambilan sampel berupa random sampel dengan melakukan survei terhadap 80 responden. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode atau teknik pengumpulan data dengan pendekatan penelitian kualitatif. Peneliti melakukan penyebaran kuesioner dan wawancara langsung dengan menggunakan kuesioner diajukan kepada responden untuk mendapatkan data primer yang akurat dan terpercaya. Selain menggunakan metode analisis data, data kualitatif yang ada pada penelitian ini juga diukur menggunakan Skala Likert. Hasil dari penelitian ini menemukan faktor determinasi orang tua terhadap pemilihan sekolah terdapat 6 faktor yaitu faktor daya beli masyarakat, faktor kualitas, faktor lokasi, faktor kurikulum, faktor kegamaan, faktor harga. Dan hasilnya, orang tua yang mempunyai tingkat pendidikan yang tinggi lebih memperhatikan sekolah untuk anaknya, lebih memilih sekolah yang berkualitas baik dari segi kualitas dan fasilitas sekolah. Selain itu memilih sekolah yang terdapat muatan agama yang lebih banyak, dan biaya sekolah tidak menjadi alasan dalam memilih sekolah. 


Keywords


Preference, Islamic-based Elementary School, Public-based Elementary School

References


Maryati, Sri. (2009). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Di Kota Semarang. Semarang : Program Pascasarjana , Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip dan Amstrong. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Salemba Empat.

Tasman, Aulia dan Aima, M. Hafidz. 2013. Ekonomi Manajerial. Jakarta : Rajawali Pers.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen. Bogor : Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4977

Flag Counter    Â