Strategi Peningkatan Daya Saing Produksi Sentra Kaos Suci di Kota Bandung

Arini Rivai, Ima Amaliah, Aan Julia

Abstract


Abstract: Medium and smal business is a new field in city progress of Bandung. Many of those businesses sell certain goods such as food or culinary, clothes, shoes, and other things which can be utilize by customers. Suci shirt central in Bandung has been known locally and internationally as marketing area of trade and industry. The increasing numbers of companies each year at Suci shirt industry raises competitiveness among traders. This situation demands for each company to improve their product competitiveness to be able to compete in local or international market. This research aims to give a sight on improving strategy of production competitiveness at Suci shirt central in Bandung. This research uses quantitative descriptive approachment method. Sample collecting used is Isaac and Michael table for 162 samples and data processing technic used is SPSS 23. The research showed of 13 variables which are human resource, physical resource, knowledge resource, capital resource, infrastructure, local market demand, production trend, attemptions to exporting overseas, management style, attitude toward investment, domestic and overseas competitiveness, government, and opportunities, the one that should increased is human resource to improve production competitiveness at Suci shirt central. The other one that should be maintained is company management in controlling production activity.

Abstrak: Usaha kecil dan menengah adalah suatu lahan baru dalam kemajuan yang terjadi di Kota Bandung. Banyaknya usaha kecil dan menengah di kota Bandung seperti  usaha makanan, pakaian, sepatu, bahkan alat-alat lainnya yang mampu menjadi  barang yang bisa digunakan oleh para konsumen.. Sentra industri dan perdagangan yang sudah terkenal di wilayah pemasaran domestik dan luar negeri adalah sentra industri kaos Suci. Bertambahnya jumlah perusahaan dalam setiap tahunnya di industri kaos suci,  akan meningkatkan persaingan diantara pelaku usaha kaos suci. Kondisi ini tentunya menuntut tiap-tiap perusahaan harus meningkatkan daya saing produknya agar dapat bersaing di pasar lokal maupun pasar internasional.. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran dalam meningkatkan strategi daya saing produksi sentra kaos Suci di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kuantitatif, dimana pengumpulan sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan jumlah 162 sampel dan dengan tekhnik pengolahan data menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga belas variabel yaitu sumber daya manusia, sumber daya fisik, sumber daya pengetahuan, sumber daya modal, sumber daya infrastruktur, permintaan pasar domestic, trend produksi, upaya untuk mengekspor ke luar negeri, gaya manajemen, sikap terhadap investasi, persaingan didalam negeri, pemerintah, dan kesempatan. ang harus ditingkatkan adalah kualitas sumber daya manusia untuk meningkatkan daya saing produksi sentra kaos Suci, dan yang harus di pertahankan adalah manajemen perusahaan dalam mengontrol kegiatan produksi.


Keywords


Competitiveness, Production, Medium and small businesses

References


Disperindag Kota Bandung

Koperasi Sentra Kaos Suci (KOPENSAKAOS, 2016)

Ritonga, Jhon Tafbu (2006), Daya Saing Produk Indonesia, penerbit Andi Offset, Yogyakarta

Badan Pusat Statistik, 2014

Nurlatifa, 2011. “Analisis Daya Saing Produk-Produk Indonesia di Pasar Chinaâ€




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4936

Flag Counter    Â