Peranan Objek Wisata terhadap Sosial Ekonomi Kelurahan Lebak Siliwangi: Studi Kasus Kebun Binatang Kecamatan Coblong Kota Bandung

Santi Lestari, Noviani Noviani, Dewi Rahmi

Abstract


Abstract: West Java Province is one of the provinces in Indonesia which has a lot of tourist attractions  attracted many travelers to visit West Java.One of the tourist attractions mentioned is the zoo in the city of Bandung which recorded the most visited place in Bandung compared to other 11 tourist places in the heart of Bandung. The increasing number of visitor have impacted the income of the people living near by. If the number of visitors decreased, the income of the merchants and seller around the zoo would decreased as well and vice versa. This research aims to give a sight on the role of Bandung zoo toward variables which determine the social economic status of people in Kelurahan Lebak Siliwangi. This research uses qualitative descriptive approachment method with data collecting by interview and polling. Sample collecting technic used is Purposive Sample for 81 samples and  data processing technic used is Likert scale. Result of the research showed 4 variables of job, income, education, and residency play significant role for Bandung zoo to determine status of social economy of people in Kelurahan Lebak Siliwangi. Of the 4 variables, job has the greatest role and income is the least in determining the status of social economy of people in Kelurahan Lebak Siliwangi.

Abstrak: Provinsi Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang mempunyai banyak daya tarik wisata sehingga dapat menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke Jawa Barat. Salah satunya Kota Bandung yang tepatnya di Kebun Binatang Bandung yang memiliki jumlah kunjungan wisata terbanyak dari 11 pariwisata di Kota Bandung pusat. Peningkatan tersebut berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat sekitar. Semakin menurunnya jumlah pengunjung maka pendapatan para pedagang yang berada di area Kebun Binatang Bandung semakin kecil begitupun sebaliknya. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran peranan objek wisata Kebun Binatang Bandung terhadap variabel-variabel yang dapat menentukan status sosial ekonomi masyarakat di Kelurahan Lebak Siliwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket dimana tekhnik pengumpulan sampel berupa Purposive Sampel dengan jumlah 81 sampel dan dengan tekhnik pengolahan data adalah Skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari empat variabel yaitu pekerjaan, pendapatan, pendidikan dan tempat tinggal berperan terhadap objek wisata Kebun Binatang Bandung dalam menentukan status sosial dan ekonomi masyarakat Kelurahan Lebak Siliwangi. Akan tetapi pekerjaan mempunyai peranan yang paling besar dan pendapatan yang mempunyai peranan yang paling sedikit dalam menentukan status sosial ekonomi masyarakat di Kelurahan Lebak Siliwangi.


Keywords


Visitor/Traveler, Bandung Zoo, Social Economy.

References


Arjana,(2015) Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Badan Pusat Statistika Jawa Barat, 2011

Badan Pusat Statistika Kota Bandung, 2014

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung, 2015

Ihsan, F. (2005). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ismayanti, I. (2016). Dampak Pembebasan Tanah Pembangunan

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Terhadap Perubahan Sosial Ekonomi di Sekitar Kertajati Kabupaten Majalengka Tahun 2016. Skripsi Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung

Oktama, R. Z. (2013). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Terhadap

Tingkat Pendidikan Anak Keluarga Nelayan di Kelurahan Sugihwaras Kecamatan emalang Kabupaten Pemalang Tahun 2013. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang

Sukirno, Sadono (1998) Pengantar Teori Makro Ekonomi, Edisi ke-2.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Soekanto, S. (2001). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Sudremi, Y. (2007). Pengetahuan Sosial Ekonomi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumardi Suryabrata, (2004) Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada

Undang-Undang Dasar Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Pariwisata

Yoeti, O.A. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: PT Angkasa.

http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150210162426-269-31086/survei-bandung-kota-terfavorit-wisatawan-se-asean/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4779

Flag Counter    Â