Faktor-Faktor yang Mempengarui Preferensi Nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Bprs) di Kota Bandung (Studi Kasus : Bprs Baiturridha Pusaka)

Nissa Meliany, Ria Haryatiningsih, Meidy Haviz

Abstract


Abstract: The development of Syariah banking up to 2015, Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) or Bank of Syariah Society Funding in particular, has shown good development as also happened in the city of Bandung which has experienced the increasing  customers. It means that there is  an improving interest from customers in Bandung. The research aims to identify factors which influence preference of customers BPRS at Baiturridha Pusaka in Bandung. Methode used in the research is quantitative descriptive, data collecting by interviews and quesioner to customers as research object. Technical sample collecting uses random sampling approachment with 100 respondents. Data analysis methode used is biner logistic regression analysis. To test the significancy of  β  coeficient from model that has been received, then parsial test (z test) performed and also LR Statistic (f test). This research brought several variables to find the most influenced preference for customers to choose BPRS Baturridha which are  variable of product, service, place,promotion, process, and revenue. Result of research using biner logistic regression analysis come to conclution that the most influencing factors for customer preference of is place or location. It is supported by crosstabulation which showed 69,56% of BPRS customers satisfied and considered the place strategic and appropriate, easy accessed to go for, easy to be spotted , and near to downtown, market, office, and residences. With LR value statistic 73.53335 and probability of 0.000000 means the whole variables of product, service, place,promotion, process, and revenuen, significantly influenced toward preference of customers  BPRS Baiturridha Pusaka, either to α = 0,05 or α = 0,01.  z test variable also showed that variable of product, service, place, and significant promotion bring positive result toward customers of BPRS Baiturridha due to significant value of undera 0.05.

Abstrak: Hingga tahun 2015 perkembangan perbankan syariah khususnya Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) mengalami perkembangan yang cukup baik, hal ini juga terjadi di Kota Bandung dimana jumlah nasabah di BPRS mengalami peningkatan yang cukup baik. Ini artinya, ketertarikan masyarakat Kota Bandung terhadap BPRS mulai menunjukkan kemajuan.  Penelitian ini bertujuan untuk mrengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah terhadap BPRS Baiturridha Pusaka di Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuisioner yang menjadi nasabah objek penelitian. Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan pendekatan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Sedangkan untuk metode analisis datanya menggunakan analisis regresi logistik biner dan untuk menguji signifikan koefisien β dari model yang telah diperoleh, maka dilakukan uji parsial (z test) dan LR Statistik (f test). Dalam penelitian ini diangkat beberapa variabel untuk melihat preferensi yang paling mempengaruhi nasabah untuk memilih BPRS Baturridha yaitu variabel produk, pelayanan, tempat, promosi, proses dan pendapatan. Dari hasil penelitian dengan regresi logistik biner menyimpulkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi preferensi nasabah BPRS Baiturridha Pusaka adalah tempat, hal ini juga didukung oleh crosstabulation yang menunjukkan bahwa sebanyak 69,56% nasabah merasa puas terhadap BPRS dengan anggapan bahwa tempat strategis dan memadai ini terkait dengan mudahnya akses menuju kantor BPRS atau mudah ditemukan, tempatnya strategis berdekatan dengan Pusat Kota, Pasar, Kantor maupun Rumah. Dari nilai LR Statistik sebesar 73.53335 dengan probabilitas sebesar 0.000000. Artinya secara keseluruhan variabel produk, pelayanan, tempat, promosi, proses dan pendapatan berpengaruh signifikan terhadap preferensi nasabah BPRS Baiturridha Pusaka, baik pada α = 0,05 ataupun pada α = 0,01. Dan dar hasil uji z variabel pproduk, pelayanan, tempat dan promosi yang signifikan dan berpengaruh positif terhadap preferensi nasabah BPRS Baiturridha karena nilai signifikannya dibawah 0.05.


Keywords


Preference, customers, BPRS Baiturridha Pusaka

References


Daftar Pustaka

Fina Putri Banna (2010). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah Bank Syariah.

Johan Wahyudi (2010). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah terhadap Produk Simpanan Wadi’ah di BMT NU Sejahtera Semarang.

Fajar Soekarno (2009). Faktor-faktor yang menentukan preferensi masyarakat Kota Bandung terhadap Bank Syariah.

www.bi.go.id

brpusaka.com

Drs. Lincoln Arsyad. (2000). Pendekatan-pendekatan : Ekonomi Manajerial Ekonomi Mikro Terapan Untuk Manajemen Bisnis. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Kasmir. (2006). Etika Customer Service. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2008). Pemasaran Bank. Jakarta : Kencana.

Kotler, Philip dan Amstrong. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4596

Flag Counter    Â