Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Muzakki dalam Menyalurkan Zakat Melalui LAZ Rumah Zakat Kota Bandung

Riska Satia Wardhani, Dewi Rahmi, Westi Riani

Abstract


Abstract: Along with the presence of amil zakat institutions (LAZ), which more and more, both state-run and private not necessarily be followed by the movement muzakki behavior in distributing zakat through zakat institutions. This is because, the people in making the choice to distribute zakat through institutions strongly influenced by behavioral factors muzakki (internal factors) .To create a good consumer perception towards an amil zakat institutions, it requires institutions that have fathanah principles (fairness), Siddiq (accountabillity), Tabligh (Transparency) and Mas'uliyah (responsibillity) known as the principle of Good Corporate Governance (GCG). This study aims to give a description of the factors that can influence the behavior muzakki muzakki choice in channeling zakat through agencies. Data collection techniques using secondary data and primary data. With data processing techniques using a Likert scale so as to assist in the preparation of the study. The results showed that in general all behavioral factors muzakki and GCG greatly affect muzakki, but there fakor most dominant of which is the internal factors are factors of religiosity while the external factor is the most dominant principle fathanah (fairness) attached to LAZ Rumah Zakat so muzakki influence in selecting the agency.

Abstrak: Seiring dengan keberadaan lembaga amil zakat (LAZ) yang semakin banyak, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta tidak serta merta dapat diikuti oleh pergerakan perilaku muzakki dalam menyalurkan zakat melalui lembaga amil zakat. Hal ini dikarenakan, masyarakat dalam menentukan pilihannya menyalurkan zakat melalui lembaga sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor perilaku muzakki (faktor internal).Untuk menciptakan persepsi konsumen yang baik terhadap suatu lembaga amil zakat, maka diperlukanlah lembaga yang memiliki prinsip fathanah (fairness), Shiddiq (accountabillity), Tabligh (tranparency) dan Mas’uliyah(responsibillity) dikenal dengan prinsip Good Corporate Governance (GCG). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran faktor-faktor perilaku muzakki yang dapat mempengaruhi pilihan muzakki dalam menyalurkan zakatnya melalui lembaga. Tehnik pengumpulan data menggunakan data sekunder dan juga menggunakan data primer. Dengan tehnik pengolahan data menggunakan skala likert sehingga dapat membantu dalam penyusunan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum semua faktor perilaku muzakki dan GCG sangat mempengaruhi muzakki, namun terdapat fakor yang paling dominan diantaranya adalah pada faktor internal yaitu faktor religiusitas sedangkan untuk faktor eksternal yang paling dominan adalah prinsip Fathanah (fairness) yang melekat pada LAZ Rumah Zakat sehingga sangat mempengaruhi muzakki dalam memilih lembaga tersebut.


Keywords


consumer behavior, good corporate governance and amil zakat institutions

References


Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasar : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Prentiece Hall: Selemba Empat. Retrieved Januari 12, 2016

Rianse, U. (2012). Metodelogi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Bandung: Alfabetha.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3972

Flag Counter    Â