Identifikasi Pola Perilaku Konsumsi Islami di Lingkungan Universitas Islam Bandung

anita nugraheni, Asnita Frida Sebayang, Ima Amaliah

Abstract


Perilaku konsumsi dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya sekedar bagaimana menggunakan hasil produksi atau pendapatan, tetapi lebih dari itu konsumsi Islami harus dapat menciptakan sebuah distribusi pendapatan dan kekayaan yang adil, sederhana, bersih, memurahan hati dan moralitas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perilaku konsumsi karyawan dan mengidentifikasi indikator yang paling dominan dalam menentukan perilaku konsumsi Islami di Unisba. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel berupa teknik random sampling dengan melakukan survei terhadap 86 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dengan cara membobot hasil persepsi responden dengan pendekatan metode Likert.

Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa perilaku konsumsi karyawan Unisba telah sesuai dengan etika konsumsi Islami hasil ini diindikasikan dari bobot nilai keseluruhan indikator. Indikator yang paling dominan menentukan perilaku konsumsi Islami dari karyawan Unisba adalah aspek moralitas dengan skor yang dihasilkan sebesar 85,9% hasil ini menunjukan bahwa aspek moralitas dalam berkonsumsi pada sebagian besar karyawan Unisba telah dilandasi oleh nilai-nilai moral Islam, sedangkan aspek keadilan adalah indikator  yang terendah dengan skor yang dihasilkan sebesar 74,9% hal ini menjadi indikasi bahwa pendapatan yang tidak mencukupi kebutuhannya sehingga dapat mendorong untuk melakukan pinjaman atau dana tambahan yang tentunya akan mengurangi pendapatannya dikemudian hari.

 

 

Kata kunci : Perilaku konsumsi dan pola konsumsi Islami


Keywords


Perilaku konsumsi dan pola konsumsi Islami

References


Al-Qur’an dan Hadist

Al-Haritsi, Jaribah bin Ahmad, 2006, Al-Fiqh AI-Iqtishadi Li Amiril mukminin Umar Ibn Al-Khaththab, diterjemahkan oleh Asmuni Solihan Zamalchsyari: Fikih Ekonomi Umar bin AI-Kathab, Jakarta: Khalifa.

Asytuti, Rinda. 2011. Rekonsepsi Ekonomi Islam Dalam Perilaku Dan Motivasi Ekonomi. Jurnal Ekonomi Islam. Volume.14.

Direktorat Badan Statistik. Pengeluaran untuk Konsumsi Provinsi Jawa Barat 2007. Book 1 dan 3. Bandung : Badan Pusat Statistik. 2007.

Mannan, Muhammad Abdul. 1992. Islamic Economic: Theory and Practice. Jakarta, Ed. 1.

Pujiyono, Arif “Teori Konsumsi Islam,†Jurnal Dinamika Pembangunan, Volume.3. Nomor .2, Desember , 2006.

Suratmaputra, Munif, Filsafat Hukum Islam Al-Ghazali; Maslahah Mursalah dan Relevansinya dengan Pembaharuan Hukum Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2232

Flag Counter    Â