Faktor-Faktor yang Menentukan Preferensi Masyarakat Indonesia dalam Belanja Fashion di Marketplace dan E-Commerce

Faiz Abdan Akbar, Ima Amaliah, Aan Julia

Abstract


Abstract. Advances in technology go in accordance with the progress of science. Every innovation was created to provide positive benefits for human life. One technology that is very influential in human life is the internet. Indonesia is one of the biggest internet users in the world. The internet has facilitated economic actors to meet all their needs quickly and efficiently. With the advancement in technology now the economic actors of buying and selling no longer depend on offline stores but they compete in online stores. Some online buying and selling platforms currently competing are the marketplace and e-commerce. Both platforms have several advantages, such as price, promotion, product, trust, service quality and payment system. Some of these advantages can determine people's choice whether to choose to use the marketplace or e-commerce. In this study using a descriptive method with a quantitative approach. The data used are primary data obtained through surveys of respondents who are consumers of marketplace and e-commerce users in Indonesia using Googleform. The analysis was done quantitatively by calculating the scoring of the results of respondents' answers using a Likert scale. The results of the research analysis of the preferences of both online shopping platforms There are a number of factors that determine people's preferences in buying fashion products in the marketplace compared to e-commerce, namely Price, promotion, Product Religion, Trust, Service Quality, Payment system. People prefer to buy fashion products online rather than offline because of the attributes attached to the online service itself. The dominant factor that determines people's preferences in buying fashion products in the marketplace compared to e-commerce is the price factor and by the payment system while product diversity is the smallest factor determining people's preferences in buying fashion products online. The number of discount, cashback, and flashback programs supported by easy payment systems is an important part of determining people's preferences in using online transactions.

Keywords: Marketplace, E-commerce, Preferences, Likert

Abstrak. Kemajuan teknologi berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Salah satu teknologi yang sangat berpengaruh di kehidupan manusia adalah internet. Indonesia merupakan salah satu negara terbesar pengguna internet di dunia. Internet telah memfasilitasi pelaku ekonomi untuk memenuhi segala kebutuhannya dengan cepat dan efisien. Dengan kemajuan teknologi kini pelaku ekonomi jual-beli tidak lagi bergantung kepada toko offline namun mereka bersaing dalam toko online. Beberapa platform jual beli online yang saat ini sedang bersaing adalah marketplace dan e-commerce. Kedua platfrom tersebut memiliki beberapa keunggulan masing-masing seperti keunggulan harga, promosi, produk, kepercayaan, kualitas pelayanan dan sistem pembayaran. Beberapa keunggulan tersebut dapat mengetahui pilihan masyarakat apakah memilih untuk menggunakan marketplace atau e-commerce. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data primer yang didapat melalui survey terhadap responden yang merupakan konsumen pengguna marketplace dan e-commerce di Indonesia menggunakan googleform. Analisis dilakukan secara kuantitatif dengan menghitung skoring terhadap hasil jawaban responden menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian analisis preferensi kedua platfrom belanja online Ada sejumlah faktor yang menentukan preferensi masyarakat dalam membeli produk fashion di marketplace dibandingkan e-commerce yaitu Harga,promosi,Keragamaan Produk, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Sistem pembayaran. Masyarakat prefer membeli produk fashion secara online dibandingkan offline karena atribut yang menempel dalam layanan online itu sendiri.  Faktor dominan yang menentukan preferensi masyarakat dalam membeli produk fashion di marketplace dibandngkan dengan e-commerce yaitu faktor harga dan oleh system pembayaran sementara keragamaan produk merupakan faktor yang terkecil menentukan preferensi masyarakat dalam membeli produk fashion secara online. Banyaknya program diskon,cashback,flashsale ditunjang dengan system pembayaran yang mudah menjadi bagian penting yang menentukan preferensi masyarakat dalam menggunakan transaksi online.

Kata Kunci : Marketplace, E-commerce, Preferensi , Skala Likert


Keywords


Marketplace, E-commerce, Preferensi , Skala Likert

Full Text:

PDF

References


Angipora, Hendra. 2002, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang Inovva di Semarangâ€, Journal of Management, Vol. 2, No. 3.

Azifah, Kusuma Dewi .2016 . “Pengaruh Shopping Orientation, Online Trust Dan Prior Online Purchase Experience Terhadap Online Purchase Intenton (Studi Pada Online Shop Hijabi House). Jurnal Komunikasi dan Bisnis Telkom Volume 20 Nomor 2

Coiri Obeit . 2018. “10 Strategi Pemasaran Produk Dengan Pemberian Diskon Paling Menarik†. Jurnal Mekari

Kotler Philip . 2000 . Manajemen Pemasaran, Prehalindo, Jakarta, Cet Ke-10, h. 154

Kuncoro Mudrajat. 2013. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis?. Jakarta : Erlangga.

Kwek, Lau dan Tan. 2010. “The Effects of Shopping Orientations, Online Trust and Prior Online Purchase Experience toward Customersâ€

Louis Utama dan Yuniarwati. 2016. “Pengaruh Merek, Kepercayaan dan Pengalaman Terhadap Niat Konsumen Dalam Melakukan Transaksi Secara Onlineâ€. Jurnal Ekonomi, Vol. XXI, No. 03. Hal 420-435.

Ma’arti . 2016 . Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online. Jurnal pendidikan tata niaga vol 3 no 3

Ni Kadek Devi Aprilia Agustini, 2017. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membeli di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012â€. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi, Vol. 9, No. 1. Hal 1-9

Pahlevi, Sutopo . 2017 . “Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Desain Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic (Studi Pada Yamaha Mataram Sakti Semarang)†Jurnal managemen Universitas Diponegoro vol.6 no.1

Pamungkas, Yustinus Frandhi Cahyo . 2014. “ Pengaruh Orientasi Pembelian, Kepercayaan, Dan Pengalaman Pembelian Online Terhadap Niat Beli Onlineâ€. Jurnal Ekonomi Manajemen. p1-15.

Rianse Usman, Abdi. 2012. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomu, Teori dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta.

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Edisi 5 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Suhir, M., Suyadi Imam, dan Riyadi, 2014. “Pengaruh Persepsi Resiko, Kemudahan dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online: Survei Terhadap Pengguna Situs Websiteâ€. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 8, No.1. Hal 1-10

Supranto, J. 2000. Statistik Teori dan Aplikasi. Edisi I. Jilid I. Jakarta: Erlangga Susanto, Christian. 2004. “Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen pada Makanan Tradisionalâ€. Jurnal EMBA. Vol. 1, No. 3, September

Swastha Basu dan Irwan, Herry. 2003. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Galaxy Seriesâ€. Jurnal UG. Vol. 7, No. 5.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Andi, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.21096

Flag Counter    Â