Dampak Persaingan Transportasi Online terhadap Pendapatan Rumah Tangga Mitra Gojek Sepeda Motor di Kota Bandung

Muhamad Firdaus Eka Trisna Saputra, Frida Asnita Sebayang, Ade Yunita Mafruhat

Abstract


Abstract.Competition is a work process without stopping the ability of a company to find and maintain an advantage. The presence of competitors in the online transportation business in the city of Bandung has led to a kilometer distance rates. The purpose of this study is to identify measures of online transportation competition that are price, place, product and promotion of GOJEK with GRAB. And then, identify the direct and indirect impacts that occur as a result of online transportation competition on GOJEK driver household income in the city of Bandung. The method used in this research is descriptive quantitative analysis method. The collection was conducted on 100 respondents namely motorcycle taxi drivers who had joined the GRAB in Bandung. Measurement of competition and identification of impacts carried out with a Likert scale. The results of this study indicate that online transportation competition in the city of Bandung GOJEK applicator is superior compared to GRAB. This is evidenced by the recapitulation of the average score of the four aspects owned by GOJEK by 413 greater than Grab by 399. The direct impact produced by low tariffs can reduce the household income of GOJEK partners while the indirect impact resulting from government regulations related to standards online transportation rates. GOJEK driver household income is the result of reducing gross income with capital, fuel costs and pulse fees.

 Keywords: Competition, Impact, Household Income

Abstrak.Persaingan adalah proses kerja tanpa menghentikan kemampuan perusahaan untuk menemukan dan mempertahankan keunggulan. Kehadiran pesaing dalam bisnis transportasi online di Kota Bandung telah menyebabkan tarif  perkilometer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi langkah-langkah persaingan transportasi online yaitu harga, tempat, produk dan promosi GOJEK dengan GRAB. Dan kemudian, mengidentifikasi dampak langsung dan tidak langsung yang terjadi sebagai akibat dari kompetisi transportasi online pada pengemudi pendapatan rumah tangga GOJEK di Kota Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan terhadap 100 responden yakni driver GOJEK sepeda motor yang pernah bergabung pada GRAB di Kota Bandung. Pengukuran persaingan dan identifikasi dampak yang dilakukan dengan skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persaingan transportasi online di Kota Bandung aplikator GOJEK lebih unggul dibandingkan dengan GRAB. Hal ini dibuktikan dengan hasil rekapitulasi rata-rata skor dari keempat aspek yang dimiliki GOJEK sebesar 413 lebih besar dibandingkan GRAB sebesar 399. Dampak langsung yang dihasilkan tarif yang rendah dapat menurunkan pendapatan rumah tangga mitra Gojek sedangkan dampak tidak langsung yang dihasilkan adanya regulasi pemerintah terkait standar tarif transportasi online. Pendapatan rumah tangga driver GOJEK merupakan hasil dari pengurangan pendapatan kotor dengan modal, biaya bahan bakar dan biaya pulsa.

Kata Kunci: Persaingan, Dampak, Pendapatan Rumah Tangga


Keywords


Persaingan, Dampak, Pendapatan Rumah Tangga

Full Text:

PDF

References


N. Greogy Mankiw, Euston Quah, Peter Wilson. Pengantar Ekonomi Mikro. Jakarta: Salemba Empat, 2012.

Porter, Michael, E, (2008), Strategi Bersaing (Competitive Strategy). Tangerang: Kharisma Publishing Group.

Kotler, Philip and Gary Amstrong, (2004). Principles of Marketing.

Soerjono Soekanto, Budyo Sustyowati. (2005). Sosiologi Suatu Pengantar. Edisi Revisi.




Flag Counter