Pengaruh Audit Rotation dan Audit Tenure terhadap Kualitas Audit dengan Fee Audit sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Manufaktur yang Terdaftar di Bei Tahun 2012-2014)

Fierdha Aisyah, Hendra Gunawan, Pupung Purnamasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Audit Rotation dan Audit Tenure terhadap Kualitas Audit dengan Fee Audit sebagai variabel pemoderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2012-2014. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian adalah 46 perusahaan manufaktur yang telah memenuhi kriteria sampel selama tahun 2012-2014 dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi logistik dengan SPSS 21.0. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa variabel audit rotation berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kualitas audit, variabel audit tenure berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kualitas audit, variabel fee audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit, interaksi antara audit rotation dan fee audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit, interaksi antara audit tenure dan fee audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit. Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa Audit Rotation dan Audit Tenure berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Audit dengan fee audit sebagai variabel pemoderasi.

 


Keywords


Audit Rotation, Audit Tenure, Fee Audit dan Kualitas Audit.

References


Sinaga, D. 2012. Analisis Pengaruh Audit Tenure, Ukuran KAP dan Ukuran

Perusahaan Klien Terhadap Kualitas Audit pada Perusahaan Manufaktur

yang Terdaftar di BEI.

DeAngelo, L. 1981. Auditor size and Quality. Journal of Accounting and Economics, 183-199.

Tempo.co.2002.http://www.tempo.co/read/news/2002/11/04/05633339/Bapepam-Kasus-Kimia-Farma-Merupakan-Tindak-Pidana.

Werastuti, S. 2013. “Pengaruh Auditor Client Tenure, Debt Default, Reputasi Auditor, Ukuran Klien dan Kondisi Keuangan Terhadap Kualitas Audit Melalui Opini Audit Going Concern.†Vokasi Jurnal Riset Akuntansi, Vol.2, No.1.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Penyajian Laporan Keuangan. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No.1 (Revisi 2009). Jakarta : PSAK-IAI.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2007. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). 2001. Standar Profesional Akuntan Publik. Salemba Empat, Jakarta

Kurniasih, Margi. 2014. “Pengaruh Fee Audit, Audit Tenure, dan Rotasi Audit terhadap Kualitas Auditâ€. Skripsi S1 Program Akuntansi Universitas Diponegero.

Giri, Efraim F. 2010. â€Pengaruh Tenur Kantor Akuntan Publik (KAP) dan Reputasi KAP terhadap Kualitas Audit : Kasus Rotasi Wajib Auditor di Indonesia.†Simposium Nasional Akuntansi Purwokerto,XIII.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1898

Flag Counter    Â