Penerapan Etika Bisnis Islami pada Usaha Penjualan Pakaian Wanita di Pasar Andir Trade Center Bandung

Nur Atifah, Ima Amaliah, Westi Riani

Abstract


Abstract. Islamic business ethics is a procedure that regulates all forms of business activities based on the law of right or wrong, and Islamic law as the main basis in determining attitudes and behavior in conducting business. Business competition is very tight, making business people have to adjust their business strategies in order to get a large profit. The purpose of this study is to identify and analyze the application of Islamic business ethics values in the sale of women's clothing in Andir Market. The method used is descriptive analysis with a quantitative approach. Data collection was carried out through distributing questionnaires to women clothing traders in Andir Market and consumers. Data processing is done using descriptive statistics. The variable measurement technique uses a Likert scale. The results showed that overall the application of business ethics carried out by women clothing traders in Andir Market had been implemented very well. The value of Islamic business ethics that is very dominant in the sale of women's clothing in Andir Market is the value of Fathanah. This can be seen from the results of the score being in a very high region (> 80%).

Keywords: Islamic Business Ethics, Traders, Andir Market Trade Center

 

Abstrak. Etika bisnis Islami adalah tata cara yang mengatur segala bentuk dalam kegiatan bisnis dengan berdasarkan hukum benar atau salah, serta syariat Islami sebagai dasar utama dalam menentukan sikap dan perilaku dalam menjalankan bisnis. Persaingan bisnis yang sangat ketat, membuat para pelaku bisnis harus mengatur strategi bisnisnya agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis penerapan nilai etika bisnis Islami pada penjualan pakaian wanita di Pasar Andir. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada para pedagang pakaian wanita di Pasar Andir dan konsumen. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif . Teknik pengukuran variabel menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan penerapan nilai etika bisnis yang dijalankan oleh para pedagang pakaian wanita di Pasar Andir telah terimplementasikan dengan sangat baik. Nilai etika bisnis Islami yang sangat dominan pada penjualan pakaian wanita di Pasar Andir yaitu nilai Fathanah, Hal ini terlihat dari hasil skor berada diwilayah sangat tinggi (> 80%).

Kata kunci: Etika Bisnis Islami, Pedagang, Pasar Andir Trade Center


Keywords


Etika Bisnis Islami, Pedagang, Pasar Andir Trade Center

Full Text:

PDF

References


Qardhawi, Yusuf. 1997. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Terjemahan Arifin, Zainal dan Husain, Dahlia. Jakarta: Gema Insani.

Rachman, Fajri Futuh. 2018. Identifikasi Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Fashion Busana Muslim di Pasar Baru Trade Center. Fakultas Ekomomi dan Bisnis. Universitas Islam Bandung: Bandung.

Mursidah, Umi. 2017. Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Tradisional (Studi Pasar Betung Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan: Lampung.

Haris, Abd. 2007. Pengantar Etika Islam. Sidoarjo: Al-Afkar Press.

Abdul Aziz. 2013. Etika Bisnis Perspektif Islam. Bandung: ALFABETA.




Flag Counter